Anak usia dini merupakan individu yang unik dan memiliki kekhasan tersendiri . Pada usia tersebut atau masa kanak - kanak merupakan masa yang paling penting dan kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan baik segi fisik maupun emosinya, pada usia tersebut juga sering disebut Golden Age ( usia keemasan ) . selain fase pertumbuhan ada juga fase perkembangan untuk anak usia dini, pada fase perkembangan ada 6 aspek yang harus dikembangkan pada usia tersebut , yaitu : Nilai Agama dan moral, bahasa, kognitif, fisik motorik halus dan kasar, sosial emosional serta Seni .Â
Dalam dunia pendidikan anak  usia dini enam  aspek perkembangan tersebut dapat dicapai anak melalui belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar , agar anak tidak jenuh dan bosan maka setiap pembelajaran akan dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan bagi anak . pembelajaran ecoprint dengan dengan tekhnik pounding akan mengenalkan anak dengan alam sekitar seperti daun - daun an yang ternyata jika di pukul diatas kain akan memghasilkan bentuk dan warna , selain dapat mengenalkan warna ecoprint juga mampu melatih kemampuan motorik halus anak melalui koordinasi tangan dan mata saat melakukan pounding serta dapat mengenalkan seni pada anak yaitu hasil dari  ecoprintÂ
Pada kesempatan kali ini kita akan membuat ecoprint tekhnik pounding dengan bahan - bahan yang ada disekitar kita ,
 adapun alat dan bahan yang harus disiapkan adalah :Â
1. kain polos / moriÂ
2. batu / paluÂ
3. daunÂ
4. alas / koranÂ
5. plastikÂ
6. air tawasÂ
Langkah - langkah pembuatan nya yaitu :Â
1. bentangkan kain polos diatas koran ( sebagai alas )Â
2. letakkan dan tata daun di atas kain tersebut lalu tutup dengan plastik hingga menutup semua kain nyaÂ
3. pukul - pukul daun yang sduah dilapisi plastik tersebut menggunakan batu atau palu lakukan sampai selesaiÂ
4. setelah itu rendam di air tawas kurang lebih 3-4 menitÂ
5. setelah selesai direndam di angin - angin kanÂ
jadilah ecoprint tekhnik pounding, selain bahan nya mudah didapat kegiatan ini juga mampu mengenalkan anak - anak tentang hal baru dalam pembelajaran. pada kegiatan tersebut enam aspek perkembangan juga dapat dicapai , terima kasih semoga bermanfaatÂ