Mohon tunggu...
Siti HusnulKhotimah
Siti HusnulKhotimah Mohon Tunggu... S1 GIZI

sama-sama belajar yuk!!!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Apa sih Kira-Kira Dampak Penting Alur Sejarah Bahasa Indonesia untuk Diketahui Masyarakat Tanah Air

31 Oktober 2020   09:43 Diperbarui: 31 Oktober 2020   09:44 13 0 0 Mohon Tunggu...

Jadi Bahasa Indonesia Itu memiliki Banyak Sekali Variasi Bahasa Melayu, Kenapa Kok Bisa Gitu? Ya Karena Memang Masyarakat Indonesia Sudah Menggunakan Bahasa Indonesia Sejak Masa Lampau Atau Sejak Zama Kerajaan-Kerajaan Masih Berdiri Kokoh Di Tanah Air Ini. Siapa Sih Yang Nggak Tau Kalau Indonesia Ini Memiliki Macam-Macam Bahasa Daerah Yang Logat Bahkan Cara Pengucapannya Pun Beda. Bahasa Daerah Itu Banyak Sekali Macamya, Seperti : Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Madura, Bahasa Dayak. Bahasa Bali, Bahasa Bugis, Bahasa Banjar, Dan Masih Banyak Lagi Bahasa Yang Lainnya. Itu Juga Sebagai Alasan Menagapa Bahasa Indonesia Di Sebut Bahasa Pemersatu Tanah Air Indonesia.  Maka Dari Itu, Mengapa Seluruh Masyarakat Indonesia Harus Mengetahui Dan Memahami Bahasa Indonesia Agar Ketika Bertemu Dengan Orang-Orang Baru Yang Berbeda Budaya Dan Bahasa Kita Yang Belum Bisa Menguasai Bahasa Daerah Yang Bebeda Tetap Bisa Berkomunikasi Dengan Menggunakan Bahasa Indonesia.

Lanjott, Kalian juga Harus Tau Kapan Sih Bahasa Indonesia Itu Ada? Tanggal Berapa? Tahun Berapa? Jadi Gengss Bahasa Indonesia Itu Lahir Atau Resmi Pada Tanggal 28 Oktober 1928 Dimana Pada Hari Itu Masyarakat Indonesia Merayakan Hari Special Yaitu Hari Sumpah Pemuda, Dimana Mayrakat Berbondong-Bondong Mengikrarkan Isi Sumpah Pemuda Yang Sudah Di Rancang Dengan Sebaik-Baiknya.

Belum Cukup Sampai Sini Gengsss, Bahasa Indonesia Juga Melalui Ejaann-Ejaan Yang Berkali-Kali Di Rancang, Bahkan Pernah Juga Loh, Ejaan Bahasa Indonesia Menyerupai Bahasa Belanda, For Your Information Gengs KarenaWaktu Penyusunan Ejaan Itu Ada Campur Tangan Dari Orang Beandanya, Ejaan Itu Namanya Ejaan Van Ophyusen Yang Di Rancang Sama Orang Belanda Yang Bernama Charles Van Ophyusen Eitss Dia Nggak Sendiri Gemgs, Ternyata Dia Juga Di Bantu Oleh Tengku Nawawi atau Soetan Ma'moer Dan Juga M. Taib Soetan Ibrahim.

Nggak Cuma Itu Gengs, Ada Juga Ejaan Yang Namanya Ejaan Soewandi Atau Ejaan Republik Hmm Berarti Secara Nggak Langsung Ini Ejaan Pertama Kali Yang Di Buat Sama Pure Orang Indonesia Ya, Dan For Yor Information Gengs, Bapak Soewandi Ini Ketika Membuat Ejaan Tersebut Beliau Menjabat Sebagai Menteri Pendidikan Pada Masanya. Wahh Keren Yaaa!!!. Dan Masih Banyak Lagi Ejaan-Ejaan Yang Lainnya.

Lanjoottt Aku Juga Mau Ngasih Tau Gengs Ternyata, Ada Juga Ejaan-Ejaan Yang Nggak Sempat Di Resmikan, Cusss Langsung Aja Yaaaa :

* Ejaan Pemabaaruan Yang Di Rancang Kurang Lebih Pada Tahun 1956 *Ejaan Melayu- Indonesia Atau Bisa Juga Di Sebut Melindo Yang Di Rancang Pada Tahun 1961  *Yang Terakhir Nih Ejaan Lembaga Bahasa Kesusastraan Atau Bisa Di Sebut LBK Yang DI Rancang Pada Tahun 1966.

Bahasa Indonesia Juga Memiliki Fungsi :

1. Sebagai Bahasa Nasional Yang DiResmikan Pada Tanggal 28 Oktober 1928 : Lambang Kebanggaan Nasional, Lambang Identitas Nasional, Alat Pemersatu Bangsa Yang Berbeda-Beda Daerah Khusunya Pada Bidang Bahasa.

2. Sebagai Bahasa Negara Yang Di Resmikan Di Dalam UUD 1945 Bab XV Pasal 36.

VIDEO PILIHAN