Mohon tunggu...
Siska Tarigan
Siska Tarigan Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Jurusan Teknik Industri

Asal Pematangsiantar, Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Financial

Pengalaman Kemudahan Bertransaksi dengan Jaringan Prima ala Anak Kos

25 Juni 2019   19:18 Diperbarui: 25 Juni 2019   19:32 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pada zaman sekarang ini, kebutuhan hidup seseorang semakin bervariasi. Kebutuhan yang dimaksud disini yaitu mulai dari kebutuhan primer yang merupakan kebutuhan utama untuk kelangsungan hidup seseorang, hingga kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier yang berperan dalam menunjang kehidupan. Peningkatan kebutuhan hidup seseorang sejalan dengan peningkatan pendapatan orang tersebut. Sehingga, semakin tinggi jumlah pendapatannya maka semakin tinggi pula kebutuhan hidupnya.

Sebagai seorang mahasiswa rantau di kota orang, saya dituntut untuk mandiri dan mampu mengatur pemenuhan kebutuhan saya sendiri. Adapun kebutuhan saya sebagai seorang mahasiswa yaitu kebutuhan tempat kos-kosan, kebutuhan makan dan minum serta kebutuhan dalam akademik perkuliahan hingga kebutuhan yang tak terduga sebelumnya.

Pendapatan seorang mahasiswa biasanya berupa uang saku dari orang tua ataupun dari hasil pekerjaan diluar perkuliahan seperti sebagai part-timer, freelancer atau full-timer. Saya sediri termasuk dalam mahasiswa yang masih menerima pendapatan berupa uang saku dari orang tua saya. Oleh karena itu, biasanya orang tua saya mentransfer uang saku saya ke rekening bank saya.

Bank yang saya pilih untuk membantu kemudahan dalam transfer uang saku saya dari orang tua saya yaitu Bank BRI. Ada beberapa alasan mengapa saya memilih bank ini untuk urusan transfer uang saku dari orang tua saya. Salah satu dari alasan tersebut yaitu karena bank ini telah termasuk sebagai mitra bank dari jaringan PRIMA yang ditandai dengan sudah memiliki logo PRIMA pada bagian belakang kartu ATM-nya.

Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan jaringan PRIMA? Langsung saja, ternyata jaringan PRIMA merupakan jaringan yang melayani transaksi finansial elektronik di Indonesia. Jaringan ini dibuat oleh PT Rintis Sejahtera (RINTIS) yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian sistem komunikasi satelite VSAT. Saat ini jaringan PRIMA telah menyediakan 5 layanan PRIMA yaitu PRIMA ATM, PRIMA DEBIT, PRIMA PAYMENT SOLUTION, TRANSAKSI INTERNASIONAL, TOP-UP UANG ELEKTRONIK.

Dari kelima layanan PRIMA yang telah tersedia, yang paling terasa manfaatnya untuk seorang mahasiswa yang kos seperti saya yaitu layanan PRIMA ATM. PRIMA ATM merupakan jaringan ATM yang memberikan kemudahan kepada seluruh nasabah mitra bank PRIMA ATM untuk dapat melakukan transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer dana antar bank di seluruh mesin ATM berlogo PRIMA. Keunggulan yang ditawarkan oleh PRIMA ATM yaitu kemudahan dan kenyaman transaksi ATM di seluruh Indonesia, transaksi transfer dana antar bank diproses secara real time online (24 jam non-stop), terhubung dengan lebih dari 80 bank di Indonesia, memiliki lebih dari 120.000 jaringan ATM yang terkoneksi dengan internet banking, mobile banking dan channel digital lainnya di seluruh Indonesia dan efisiensi waktu bagi nasabah mitra bank PRIMA ATM.

Pengalaman seru menggunakan PRIMA ATM yang pernah saya rasakan yaitu saat saya akan berbelanja kebutuhan sehari-hari di pusat perbelanjaan. Saya tidak perlu lagi khawatir apakah disana akan ada ATM BRI atau tidak, namun cukup memastikan saja jika mesin ATM tersebut memiliki logo PRIMA. Jadi ceritanya saat itu saya sudah berniat berbelanja kebutuhan saya dan tidak memiliki banyak uang tunai di dompet. Sehingga saya merencanakan akan melakukan tarik tunai dahuulu sebelum berbelanja di ATM BRI yang tersedia di pusat perbelanjaan tersebut. Namun, ternyata kondisi ATM-nya saat itu sedang rusak. Saya pun panik dan bingung harus tarik tunai uang kemana. Ternyata, disamping ATM BRI tersebut juga tersedia ATM Mandiri, dimana Bank Mandiri juga termasuk mitra bank dalam jaringan PRIMA maka otomatis saya juga dapat melakukan transaksi di ATM Mandiri tersebut. Yang tadinya panik karena tidak bisa ambil uang untuk belanja, akhirnya teratasi dengan adanya jaringan PRIMA.

Sebagai seorang mahasiswa yang kos, saya berusaha mengatur keuangan saya dengan membatasi jumlah uang di dalam dompet agar tidak cepat habis sebelum waktunya. Sehingga ketika sudah menipis uang di dompet, baru saya kemudian akan melakukan tarik tunai lagi. Setelah mengalami pengalaman di pusat perbelanjaan tersebut, kini saya juga tidak perlu berjalan jauh ke ATM BRI yang kebetulan lokasinya lebih jauh dari ATM bank lain di daerah kos saya. Karena adanya layanan PRIMA ATM ini saya dimudahkan untuk melakukan tarik tunai ataupun transaksi lainnya di ATM bank lain tersebut yang termasuk mitra bank dalam jaringan PRIMA.

Jadi, kini saya tidak perlu lagi khawatir mengenai transaksi keuangan dimana saja kapan saja. Berkat jaringan PRIMA kemudahan dan kenyamanan transaksi keuangan tidak lagi hanya sekedar angan-angan. Cukup pastikan bank tersebut termasuk mitra bank dalam jaringan PRIMA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun