Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nama Tersemat sebagai Doa, Inilah Arti Namaku

30 Juli 2021   13:35 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:55 887
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: https://m.kumparan.com

Seorang sahabat sesama kompasianer - Mas Trian Ferianto, mengucapkan terima kasih atas apreasiasi yang diberikan oleh saya dan seorang kawan di satu grup whatsapp atas artikelnya yang mendapat label Artikel Utama. 

Tetiba beliau penasaran dengan nama 'Siska' pada diri kami berdua. Ya, duo Siska yang disapa Siska A - untuk saya, dan Siska D - untuk Mbak Siska Dewi. 

"Terima kasih duo bu Siska. Saya sampai tergelitik untuk googling dan memang bagus maknanya," ujar beliau.  Pun nama kami berdua ada di sebut pada artikel Kompasianer Pak Rudy 'Salam Angka' Gunawan di sini. Beliau kupas tuh nama-nama paling pasaran di Indonesia. 

Saya sendiri sih, ngerasa, nama saya gak terlalu pasaran. Sejak tinggal di kampung maupun kota, sejak sekolah dasar hingga lulus kuliah, hanya ada satu Siska di sekolah, hahaha. Kalaupun ada satu atau dua, itu karena namanya Fransiska.

Apalah arti sebuah nama?

"What's in a name?" kata William Shakespeare (26 April 1564-23 April 1616), pujangga terbesar Inggris, yang artinya kurang lebih, "Apalah arti sebuah nama?" Ungkapan yang pernah kita dengar jika ingin mengetahui arti sebuah nama.

Saya juga bertanya kepada orangtua, mengapa mereka memberi nama Siska Artati? Kok bukan nama yang lain? Sedangkan ketiga kakak lelaki saya tersemat nama jawa sedangkan ketiga kakak perempuan dan saya sendiri takada nama unsur jawa nya. Seperti Eko, Dwi, Tri, Catur, dan seterusnya yang mengisyaratkan urutan anak dalam keluarga.

Sewaktu kecil, ibu menjawab pertanyaan saya dengan enteng saja, "Bapak dan ibu suka nama itu. Kayak beda aja dengan nama anak-anak lain. Apik rasane." 

Sedangkan Bapak saya bilang, "Siska artinya anak bungsu, buat Bapak. Artati artinya hati yang baik, punya jiwa seni. Art kan seni tuh, boso inggris. Ati, ya hati." Saya cuma manggut-manggut aja dengan penjelasan versi Bapak tentang perpaduan arti boso inggris lan jawa. 

Dikira Nonmuslim

Berbagi pengalaman saja, saya pernah terbaring sakit dan menjalani rawat inap di sebuah RS. Elizabeth Semarang masa kuliah dulu, yang dikelola oleh yayasan Katholik. Perusahaan asal kantor bapak yang menerapkan rujukan rumah sakit bagi anak pensiunan, sehingga saya dirawat disana. 

Ketika suster menerima kehadiran saya di kamar rawat, ia memberikan jadwal kunjungan dokter dan pastor. "Jadi kalau Siska membutuhkan pendampingan dari Pastor untuk doa bersama, sampaikan saja ke Suster ya."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun