Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: πŸ’—Kutemukan CintaMU πŸ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita πŸ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi πŸ’— Ruang Bernama Kenangan. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Keahlian dan Keterampilan yang Dibutuhkan Sekretaris di Perusahaan Multinasional

24 Juni 2021   09:24 Diperbarui: 24 Juni 2021   17:29 636 46 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keahlian dan Keterampilan yang Dibutuhkan Sekretaris di Perusahaan Multinasional
Ilustrasi (Envato Elements)

Pada sekitar akhir tahun 2001, saya mendapat tawaran bekerja di perusahaan multinasional yang bergerak di bidang batubara. Posisi yang dibutuhkan adalah sekretaris. Sedangkan latar belakang pendidikan saya bukan dari profesi tersebut.

"Kenapa takut mencoba? Kamu punya potensi dan memiliki kemauan belajar yang keras serta mudah beradaptasi. Saya percaya kamu bisa," demikian kawan kakak memberikan dorongan agar saya menerima tawaran tersebut.

Akhirnya, dengan modal kecakapan bahasa Inggris, pengetahuan dasar tentang administrasi dan penguasaan pengoperasian komputer, saya beranikan diri mengajukan lamaran kerja.

Melalui tiga rangkaian test berupa ketrampilan menyusun surat berbahasa Indonesia dan Inggris, wawancara fully in English dengan Kepala Personalia (HRD) dan Managing Director (MD), akhirnya saya diterima menjadi sekretaris MD dan mulai bekerja di awal tahun 2002.

Seiring berjalan waktu, tak terasa hampir delapan tahun saya bekerja di sana dengan duka suka, sedih bahagia, dan bersyukur mendapatkan pengalaman yang baik sebagai bekal dan pembelajaran pada pekerjaan berikutnya yang saya jalani setelah mengundurkan diri dari perusahaan tersebut pada awal tahun 2010.

Berikut saya berbagi pengalaman tentang keahlian dan ketrampilan sebagai Sekretaris pada perusahaan multinasional.

Manajemen Komunikasi (Sumber gambar: diknaspedia.blogspot.com)
Manajemen Komunikasi (Sumber gambar: diknaspedia.blogspot.com)

Pertama, kenali, ketahui, dan pahami perusahaan tempat kita bekerja.

Hal ini saya lakukan sebelum dan sesudah diterima bekerja oleh perusahaan. Penting artinya agar kita mengenal perusahaan ini bergerak di bidang apa, siapa pemiliknya, mengapa perusahaan tersebut ada di Indonesia, kontrak kerja secara umum seperti apa, dan lain sebagainya. Saya secara aktif mencari info dan bertanya kepada orang yang mengetahuinya.

Kedua, lakukan proses lamaran kerja hingga diterima sebagai sekretaris dengan penuh percaya diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x