Mohon tunggu...
Siska A. Nova
Siska A. Nova Mohon Tunggu... Lainnya - Student 🎓

“If they say that you are not perfect, it means you are limited edition.”

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kolaboraksi: Wujudkan Lingkungan dan Hidup yang Sehat

10 Oktober 2021   16:19 Diperbarui: 16 Oktober 2021   14:00 104 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
/ilustrasi lingkungan dan hidup sehat

Alam tidak butuh kata - kata mutiara,
tapi alam butuh aksi nyata.

Sumber Daya Alam merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan oleh lingkungan. Sumber daya alam dan lingkungan memiliki keterkaitan yang tidak akan terpisahkan satu dengan lainnya, seperti rantai. Dimana sumber daya alam tersebut digunakan oleh SDM untuk membuat sumber daya buatan dan pemenuhan kebutuhan hidup. 

Aktivitas manusia terkadang mempengaruhi kondisi lingkungan, kegiatan - kegiatan ilegal yang dilakukan manusia dapat merusak kondisi alam seperti : menebang pohon sembarangan, membuang sampah ke sungai, membakar sampah dilingkungan rumah, dan lainnya. 

Padahal, apabila kondisi lingkungan mengalami kerusakan. Hal tersebut akan mengancam kehidupan manusia di bumi. Jadi, sebagai makhluk yang diberikan akal untuk berfikir sudah sepatutnya untuk menjaga lingkungan sekitar dan memanfaatkan alam sebaik-baiknya.

Memangnya apa sih manfaat menjaga lingkungan? 

Menjaga kebersihan lingkungan adalah kewajiban semua manusia yang menempati didalamnya. Lingkungan yang bersih pastinya menjadi impian semua masyarakat, namun masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap pentingnya menjaga lingkungan untuk kesehatan. Padahal banyak sekali manfaat yang kita dapatkan apabila masyarakat memiliki kesadaran akan menjaga lingkungan.

1. Terhindar dari berbagai penyakit
2. Bebas dari polusi udara
3. Lingkungan lebih asri dan sejuk
4. Aktivitas manusia akan lebih produktif baik jika bekerja dalam ruangan maupun luar ruangan.

Mewujudkan lingkungan yang sehat adalah tantangan yang sulit apabila masih banyak masyarakat yang kurang sadar akibat dari kondisi alam yang rusak, terparah apabila terjadi krisis iklim.

Namun, hal itu bisa kita biasakan apabila manusia mau memulai dengan diri sendiri. Membiasakan dengan peduli dengan lingkungan sekitar. Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menempati bumi ini, seharusnya mulai melakukan aktivitas peduli terhadap lingkungan. Dengan menerapakannya dimulai dari rumah bersama keluarga. Ini dia kontribusi ku sebagai generasi penerus bangsa dalam menjaga lingkungan :

1. Memisahkan sampah organik dan non-organik
Sampah tidak akan merusak lingkungan apabila manusia tau cara mengolahnya, memilah sampah merupakan salah satu cara meminimalisir penumpukkan sampah. Tahukah anda bahwa penumpukkan sampah bisa menimbulkan pencemaran udara dan terjadinya banjir. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan