Mohon tunggu...
SISKA SUSILOWATI
SISKA SUSILOWATI Mohon Tunggu... Guru - SMA NEGERI 1 TOJO

SALAM SEHAT DAN BAHAGIA SELAMANYA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 - Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

5 Februari 2023   02:23 Diperbarui: 5 Februari 2023   02:27 8280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

JURNAL REFLEKSI  DWIMINGGUAN MODUL 3.1

PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

Refleksi kali ini saya menggunakan model  4F (facts, Feelings, Findings,Future), model ini dikembangakan oleh Dr. Roger Greenaway

FACTS (PERISTIWA)

Pembelajaran modul 3.1 diawali dengan pretest modul 3 yang dilaksanakan pada tanggal 01 Februari 2023. Setelah menyelesaikan pretest, di hari yang sama  tugas saya adalah melakukan pembelajaran alur "Mulai dari diri dan eksplorasi konsep"saya mengisi beberapa pertanyaan pemantik, saya menuliskan sebuah tantangan/ keputusan pada sebuah kasus yang melibatkan diri saya sebagai pengajar di sekolah ditempat saya mengajar, keputusan yang saya ambil tersebut terkadang masih menyimpan tanda tanya.pada eksplorasi konsep saya belajar tentang bagaimana sekoalah sebagai institusi moral, Dilema etika dan bujukan moral serta pengamgambilan keputusan. Pada tanggal 2 sampai 3 februari 2023 saya masuk dalam alur ekplorasi konsep-forum diskusi, dalam pembelajaran kali ini disajikan beberpa kasus yang perlu kita kupas dan kita juga ditugaskan untuk memberi tanggapan atas pendapat teman lain. Dan pada eksplorasi konsep- forum diskusi sebagai cgp kita diberi tugas memilih salah satu kasus dan menulisakan dalam lms serta menanggapi kasus rekan cgp saya. Satu hal lagi yang menjadi tantangan dalam pembelajaran ini adalah terkadang saat ingin membuka lms jaringan timbul tenggelam.

FEELINGS(PERASAAN)

Perasaan saya selama mengikuti pembelajaran ini adalah sangat tertarik dan sangat antusias karena jujur saya belum pernah mendapatkan pembelajaran ini darimanapun, sehingga saya merasa bangga bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari modul 3.1 ini.  Pada saat menganalisa kasus saya berupaya untuk memposisikan diri sebagai orang yang sedang dalam masalah tersebut, sehingga membuat saya terseyum sendiri dan bergumam dalam hati inilah pembelajaran untuk menjadi sosok yang bijaksana.

FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Setelah mempelajari beberapa alur dalam modul 3.1 ini , saya dapat menemukan jawaban atas kasus yang telah saya alami yang telah sebelumnya saya tuliskan pada tugas "Mulai dari Diri".

Saya mempelajari dan telah memahami bahwa pengambilan keputusan yang kita ambil harus mendasarkan keputusan kita pada 3 unsur yaitu berpihak kepada murid, berdasarkan nilai nilai kebajikan universal dan bertanggung jawan tehadap segala konsekuensi dari keputusan yang diambil.

Apabila keputusan yang telah kita ambil keduanya bernilai benar itu merupakan situsi dilema etika sedangkan situasi dimana seseorang mengambil sebuah keputusan antara benar dan salah itu disebut situasi Bujukan Moral.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun