Otomotif

Ini Sebenarnya Penyebab Aki Mobil Meledak

27 September 2018   15:01 Diperbarui: 27 September 2018   15:16 3916 0 1

Ada anggapan bahwa aki mobil basah tidak boleh kering. Mengapa? Karena berpotensi dapat meledak. Namun benarkan hal tersebut? Dan bagaimana mencegah terjadinya hal tersebut?

Berdasarkan keterangan para ahli di dunia Otomotif, ternyata Aki Basah yang Kering memang sumber utama aki mobil meledak. Oleh sebab itu, aki basah tidak boleh kering. Nah untuk mencegah meledaknya aki, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara tersebut antara lain:

  • Lakukan isi ulang air aki sebelum aki mobil kering
  • Ganti aki basah dengan aki kering
  • Isi ulang air aki sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan.

Ingat, jangan pernah mengisi air aki secara berlebihan, melebihi kapasitas yang dianjurkan. Mengapa? Karena ternyata hal tersebut bisa menyebabkan pengapuran di kepala aki mobil. Jika terjadi pengapuran di kepala aki, akan muncul masalah seperti:

  • Menurunkan kinerja aki mobil
  • Memperpendek usia aki mobil
  • Meningkatkan resiko meledaknya aki mobil.

Untuk menghindari adanya masalah meledaknya aki mobil basah, sangat penting untuk mengisi ulang air aki mobil sesuai warna aki. Ada 2 jenis cairan aki mobil, merah dan biru. Dan setiap warna memiliki isi, fungsi, dan manfaat yang berbeda-beda.

Aki Merah
Sering disebut juga dengan nama Accu Zuur. Aki jenis ini berisi H2SO4 dan akan menimbulkan rasa gatal jika terkena kulit anda. Aki jenis ini dapat menyebabkan korosi, terutama pada logam. Lantas apa guna aki merah ini?

Aki merah memiliki fungsi untuk digunakan saat pertama kali mengisi tank aki. Oleh sebab itu, jangan pernah mencoba mengisi ulang aki mobil dengan menggunakan aki merah. Mengapa? Karena dapat menyebkan beberapa masalah seperti:

  • Meningkatnya kada H2SO4 di dalam aki mobil
  • Usia pakai aki dapat berkurang
  • Performa mobil dapat turun ataupun bermasalah

Aki Biru
Aki ini merupakan campuran dari H2O dengan cairan aki lainnya. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan berwarna biru. Fungsinya adalah sebagai isi ulang air aki, ataupun menambah volume air aki.

Sebenarnya mengisi aki dapat menggunakan air mineral. Tidak harus menggunakan aki biru. Namun penggunaan air ini memiliki resiko. Penggunaan air dapat menyebabkan masalah seperti turunnya performa aki mobil, dan meledaknya aki mobil.

Jadi penggunaan air mineral sebagai pengganti air aki biru tidak diperbolehkan, kecuali dalam kondisi yang sangat-sangat darurat.

Jadi apakah hanya hal-hal di atas saja yang menjadi sumber masalah aki mobil meledak? Ternyata tidak. Ada beberapa sumber masalah meledaknya aki mobil lainnya. Adapun beberapa penyebab meledaknya aki mobil lainnya adalah:

  • Ketidakstabilan Kelistrikan Mobil
    Biasanya terjadi karena kabel-kabel pada aki mobil ada yang bermasalah. Contohnya kabel kelistrikan mobil putus, ataupun tidak tersambung dengan benar.

    Untuk menjaga kelistirkan mobil tetap stabil, anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan volt stabilizer, ataupun dengan rajin melakukan check kabel kelistrikan mobil anda. Jangan sampai ada kabel yang terkelupas.
  • Kotornya Aki Mobil
    Aki mobil merupakan salah satu bagian mobil yang jarang diperhatikan. Pada akibatnya, aki mobil kotor dan menjadi cepat panas. Panas ini dapat menyebabkan meningkatnya kemungkinan mendidihnya air aki. Tekanan yang semakin tinggi akibat mendidihnya air aki, akan meningkatkan resiko terjadinya ledakan.

Wah banyak juga ya hal yang jadi penyebab aki mobil dapat meledak. Padahal jika Accu mobil meledak, resiko yang mungkin terjadi akan ada banyak sekali. Sebut saja, rusaknya komponen lain pada mobil anda, ataupun terbakarnya mobil anda.

Nah untuk mencegah aki mobil tetap berperforma maksimal, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Di antaranya adalah:

  • Gunakan Aki yang Lebih Kering
    Meledaknya aki mobil, umumnya terjadi pada aki basah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk segera memilih aki mobil kering sebagai pilihan utama anda.
  • Bersihkan Secara Berkala Aki Mobil Anda
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kotornya aki mobil tidak boleh dibiarkan. Selai menurunkan performa aki mobil, kotornya aki dapat menyebabkan overheating pada aki mobil anda.
  • Jangan Memforsir Penggunaan Aki Mobil
    Penggunaan aki mobil dalam menghasilkan aliran listrik sangatlah penting. Ada beberapa orang yang senang memforsir tenaga mobil untuk mencapai tenaga dan kecepatan maksimalnya.

    Namun bukan berarti anda pasrah akan hal ii. Ada beberapa cara untuk memastikan aki mobil lebih awat. Di antaranya adalah:

    Gunakan Volt Stabilizer
    Penggunaan volt stabilizer sanagt penting bagi mobil anda. Dengan alat ini, kelistrikan pada aki mobil akan lebih stabil. Namun sebaiknya pastikan volt stabilizer apa yang akan anda gunakan. Pilihlah volt stabilizrt dengan baik dan benar.

Itulah beberapa penyebab, solusi, dan cara mencegah meledaknya aki mobil anda. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menjaga diri anda selama perjalanan nantinya.