Mohon tunggu...
Muhammad Nasir
Muhammad Nasir Mohon Tunggu... Tech addict

Read what you will, write what you fell!

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Be a Smart (Online) Buyer!

28 April 2020   05:00 Diperbarui: 28 April 2020   10:51 10 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Be a Smart (Online) Buyer!
vender-una-tienda-online-5ea7a9b1097f360a02503942.jpg

Di zaman sekarang, belanja online sudah menjadi tren yang cukup populer di kalangan masyarakat. Dengan bermodal internet setiap orang bisa belanja tanpa harus datang ke toko. Namun, dibalik kemudahan belanja online terdapat beragam resiko seperti barang tidak sesuai dengan harapan sehingga penipuan. Oleh karena itu, anda sebagai konsumen diharapkan untuk lebih berhati-hati agar terhindar dari  penipuan. Ada beberapa tips agar anda terhindar dari penipuan belanja online

Periksa identitas penjual

Setiap anda belanja online periksa nama toko, nomor teleponnya , alamatnya, websitenya, testimonialnya dll. Cara memastikan bisa dilakukan dengan melakukan search nama toko atau username toko atau nomor telepon atau hal lainnya di kolom pencarian google. Hasil pencarian bisa menjadi acuan bagi anda untuk mengenali identitas penjual. Disarankan untuk lebih berhati-hati terhadap penjual newbie atau yang memiliki minim informasi.

Situs Terpercaya

Sekarang ini, untuk membuat website sangatlah mudah. Sehingga, hal ini menjadikan para oknum yang mau melakukan kejahatan penipuan lebih mudah. Oleh karena itu, lebih berhati-hati dalam memilih barang yang anda cari, hindari pembelian pada situs yang tidak terpercaya. Salah satu ciri-ciri situs tidak terpercaya adalah tidak memilki tanda gembok di depan alamat situs. 

Hindari barang bagus dengan harga miring

Salah satu cara penipu untuk menarik perhatian pembeli dengan membanderol harga yang sangat murah. Pastikan sebelum membeli untuk mencari tau harga wajar dari barang yang ingin anda beli. 

Pembayaran dengan COD (Cash On Demand)

Untuk mencegah penipuan ketika belanja online maka lakukan pembayaran dengan COD. COD adalah transaksi secara langsung antara pembeli dan panjual di tempat tertentu. 

Berikut beberapa tips untuk mencegah penipuan ketika belanja online. Be a smart buyer ya! Pastikan anda dan orang sekeliling anda terhindar dari penipuan berkedok jualan online.

VIDEO PILIHAN