Mohon tunggu...
Si Penjelajah Dunia
Si Penjelajah Dunia Mohon Tunggu... Wiraswasta - Regional Manager

Saya alumni Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, pada tahun 2008 sampai 2012 bekerja di atas kapal pesiar Holland America Line-Dianthus International. Saat ini saya telah selesai memperoleh gelar Magister Humaniora di STF Driyarkara. Selamat menikmati kisah-kisah di berbagai kota yang sempat saya kunjungi.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Bertanyalah!

3 Maret 2017   18:24 Diperbarui: 4 Maret 2017   22:00 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pepatah lama bilang, “Malu bertanya, sesat di jalan”. Artinya adalah jika kita segan bertanya berarti kita akan rugi sendiri karena persoalan yang dihadapi tidak ditemukan jalan keluarnya. Bertanya bagi saya adalah salah satu komponen penting dalam berproses ketika saya ingin membuat sebuah keputusan atau dalam berkegiatan sehari-hari.

Bagi saya bertanya itu adalah sebuah proses belajar dari tidak tahu menjadi tahu. Jadi proses belajar itu tidak hanya mendengarkan celotehan guru, dosen dan para ahli baik ahli keilmuan sampai ahli agama. Bertanya itu selain memberi banyak arti dalam proses belajar juga memberi kesempatan bagi kita untuk berpikir kritis dan mencoba memahami dan mengolah informasi yang masuk ke kepala kita.

koleksi pribadi
koleksi pribadi
Selain itu tentu saja bertanya juga melatih rasa ingin tahu. Dalam berproses inilah saya selalu bertanya kepada orang lain. Saya ingat ketika membeli laptop pertama kali di Best Buy Kota Honolulu pada tahun 2008. Saya sama sekali tidak punya pengetahuan tentang laptop karena seumur hidup, saya tidak pernah punya laptop. Tidak sedikit saya bertanya kepada orang lain tentang laptop apa yang bagus dan bisa bertahan lama. Hasilnya, meski laptop tersebut sekarang berusia 9 tahun tapi masih bisa digunakan.

Ketika saya memutuskan untuk bekerja di Holland America Line, saya pun bertanya ke sana ke mari. Berbagai informasi saya coba dapatkan entah itu lewat google atau berbagai pandangan dan referensi dari orang lain. Informasi yang saya dapatkan itu ada pro dan kontra, dan dari pro dan kontra itulah akhirnya saya sampai pada sebuah keputusan bahwa ‘mungkin’ Holland America Line adalah jalan yang tepat.

Sama halnya ketika saya melakoni pekerjaan di Holland America Line sebagai florist manager, pekerjaan yang benar-benar baru bahkan saya sendiri tidak punya ide tentang bunga dan tanaman. Bertanya adalah cara saya untuk mengenal dan belajar.

Ketika saya melakukan perjalanan, saya pun selalu bertanya kepada orang lain. Entah itu penduduk lokal atau orang yang sebelumnya pernah ke tempat ini. Dari jawaban yang saya peroleh, saya kemudian mengolahnya menjadi informasi yang bisa saya gunakan ketika saya melakukan perjalanan.

koleksi pribadi
koleksi pribadi
Sayangnya banyak orang yang segan untuk bertanya. Entah malu, takut, gengsi atau tidak suka dengan narasumber. Akhirnya, bukannya memperoleh informasi yang tepat, malah menjadi sok tahu dan tersasar.

Saya sadar jika saya bertanya berarti saya tidak tahu. Tidak ada seorang pun yang hidup di dunia ini tahu segala hal bahkan tidak ada teknologi di dunia ini yang bisa menjawab dan memberi informasi yang tepat. Bagi saya tidak ada kebenaran mutlak yang bisa memberi jawaban melainkan kita hanya bisa mendekati kebenaran untuk memperoleh informasi yang tepat.

Oleh sebab itu saya tidak pernah segan untuk bertanya kepada orang lain meski secara personal saya tidak menyukai orang tersebut. Saya sadar bahwa orang lain itu punya keahlian tertentu yang tidak kita punya dan dengan bertanya berarti kita belajar dari orang lain agar kita bisa menjadi lebih baik.

Di Holland America Line ada satu orang yang sangat tidak saya sukai karena kalau bicara itu seakan sudah membunuh ribuan orang sekali tembak apalagi ditambah dengan klaim kalau dia adalah salah satu anggota geng motor yang ditakuti di Bandung. Terlepas dari itu, dia punya keahlian memasak yang tidak saya miliki serta pengetahuan tentang United State Public Health (USPH). 

Saya tidak segan bertanya tentang bagaimana memasak yang baik serta adonan yang digunakan untuk membuat fish and chips agar lebih garing. Secara personal mungkin orang tersebut tidak menyenangkan dan membuat tidak nyaman tetapi biasanya tipe orang seperti itu adalah orang yang tidak pelit untuk berbagi ilmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun