Sintha Wahyu Arista
Sintha Wahyu Arista Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

I was born to express, not impress others.

Cerpen

Arunika di Puncak Ancala [Bagian Lima]

16 Maret 2023   14:54 Diperbarui: 16 Maret 2023   15:14 564
Cover Arunika Di Puncak Ancala [Bagian Lima] sumber foto (Dok. pribadi)

"Kira-kira masih ada kesempatan lagi nggak ya buat nyobain masakan kamu di pendakian selanjutnya?" kata Ancala.

Pertanyaan yang aneh, pikirku.

Aku mengabaikan pertanyaan Ancala dan memilih tidak menjawabnya.

Setelah beres makan, Ancala membersihkan semua peralatan makan dan membongkar tenda. Kita mulai turun dan berencana untuk ngecamp malam ini Ranu Kumbolo. Keesokan paginya, barulah kita turun ke basecamp.

Perjalanan turun kali ini tidak terasa, tak seperti waktu naik kemarin.

Tiba kita di Ranu Kumbolo. Setelah mendirikan tenda, kita langsung istirahat. Terlihat raut wajah Ancala sangat lelah dan pucat.

Esok hari tiba. Sengaja aku bangun lebih dulu. Bukan, bukan karena ingin membuatkan Ancala sarapan. Tapi aku ingin melihat sang fajar terbit dengan indahnya. Mengingat hari ini adalah hari terakhir aku disini.

Semoga aku bisa mengunjungimu lagi ya di lain waktu, ucapku pada Gunung Semeru.

Aku kembali masuk ke dalam tenda dan berniat membangunkan Ancala.

Hal tak dinginkan pun terjadi.