Khoirun Nizam
Khoirun Nizam Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Blogger http://www.sinizam.com & http://www.pagunpost.com | Pembelajar SEO | Social Media Analysis

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Bukan Blogger Biasa dengan Kayu Putih Aroma

13 Januari 2018   09:05 Diperbarui: 3 Februari 2018   22:41 1341 3 5
Bukan Blogger Biasa dengan Kayu Putih Aroma
Bukan Blogger Biasa (Dok. Pribadi)

"Khoirun mendapatkan juara 3 karena ia dinilai berhasil membuat artikel yang fresh dengan berbagai meme-nya. Selain itu, Khoirun juga bisa menerangkan konsep coworking space dengan baik melalui perbandingannya dengan tempat kerja pribadi," tulis panitia dalam pengumuman pemenang lomba blog.

Sejujurnya baru kali ini saya mengetahui komentar juri dalam perlombaan blog. Biasanya hanya diumumkan nama para juara dan selesai. Bukan apa-apa, hanya sekedar untuk mengetahui bagaimana sebenarnya selera dan mekanisme juri dalam memilih pemenang. Dari kalimat di atas, ada rahasia kenapa saya bisa menang: artikel fresh dengan berbagai meme-nya. This is creative!

Selalu ada apresiasi bagi mereka yang kreatif (Dok. Pribadi)
Selalu ada apresiasi bagi mereka yang kreatif (Dok. Pribadi)
Sebagai seorang blogger, yang juga creative people, kita memang harus serba kreatif. Konsekuensi menjadi kreatif adalah berfikir out of the box. Harus berani berbeda dengan yang lain. Jika ikut-ikutan menggunakan konsep atau tema yang sama, tentu bakal sulit memenangkan persaingan. Apalagi jika dalam sebuah kompetisi diikuti oleh ribuan orang. Namun, yakinlah selalu ada celah untuk mencari sesuatu yang beda dengan modal kreativitas.

Saya mengamati ada blogger yang pandai bercerita, jago videografer, kualitas jepretan bagus dan desain infografisnya keren. Semakin ngeri jika ada blogger yang menguasai empat teknik itu. Saya pun mencari apa sih yang belum banyak dikembangkan dari para blogger dalam konten mereka. Dan akhirnya pilihan saya jatuh pada "meme".

Dalam membuat meme tidak perlu teknik yang mumpuni. Membuatnya pun bisa menggunakan aplikasi apa saja, termasuk power point. Ini serius, karena saya sering sekali menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat meme. Menggunakan meme berarti berusaha untuk menyampaikan pesan lebih fresh namun juga penuh makna. Fungsi meme sebenarnya lebih pada penekanan pesan yang tidak bisa diungkapkan melalui paragraf. Adanya meme bukan berarti merepetisi pesan, tapi melengkapi atau menambah pesan.

Dengan memasukan meme dalam artikel blog, berarti saya mencoba untuk membuat pembaca lebih betah berlama-lama di blog saya. Pembaca akan dibuat penasaran dengan meme-meme selanjutnya yang bakal menghiasi di antara beberapa paragraf itu. Setidaknya sudah ada ciri khas tersendiri yang membedakan dengan blog lain. Apapun itu, dengan menggunakan meme sejatinya saya hanya mencoba mencari sesuatu yang baru ditengah keterbatasan yang dimiliki. Adapun jika menjadi juara dalam lomba blog, saya anggap sebuah bonus dari kreativitas.

Sampai di sini, jangan dikira membuat meme semudah membalik telapak tangan. Memang dalam eksekusi konsep terasa cepat, tapi bagian tersulit dan terlama adalah penggalian ide kreatifnya. Saya berkontemplasi cukup panjang dalam mencari gambar menarik dan kalimat yang pas. Kadang saya juga berada pada titik kebuntuan. Hal ini menjadi wajar karena kreativitas tidak bisa dipaksakan, namun bisa diusahakan.

Salah satu usaha saya untuk merangsang keluarnya ide-ide kreatif adalah menggunakan Kayu Putih Aroma (KPA). Inovasi pertama di Indonesia yang diproduksi oleh Cap Lang ini mengandung minyak ekaliptus yang memiliki tingkat kehangatan lebih tinggi serta aroma lebih lembut nan menenangkan dibanding produk lain. Ya, meskipun dikejar deadline kalau tercium aromatherapy pikiran pun jadi tenang tanpa panik. Dari segi kemasan terlihat kekinian dan mudah masuk tas tanpa makan banyak tempat. Cocok untuk orang yang punya mobilitas tinggi, seperti blogger.

Varian Lavender favoritku (Dok. Pribadi)
Varian Lavender favoritku (Dok. Pribadi)
Penggunaan KPA juga terbilang tidak rempong. Cukup tuang beberapa tetes Kayu Putih Aroma di tangan, kemudian usap dan oleskan di tangan. Tunggu beberapa saat, aroma akan tercium dan seketika hawa fresh menyambar tubuh dengan segera. Saya suka varian Lavender karena bagi saya aromanya khas sehingga membuat pikiran lebih mudah diajak berfikir. Tubuh pun terasa segar kembali. Menulis menjadi lebih mengalir dan bikin meme terasa ringan.

Perlu diketahui, kegiatan ngeblog tidak hanya dilakukan di dalam kos atau di rumah. Ya sesakali butuh suasana baru agar tidak mudah terserang kebuntuan (stuck) dalam menulis. Jika sedang buntu, saya memilih jalan-jalan ke tempat baru seperti wisata alam atau mendaki gunung. Bonusnya, hasil jalan-jalan bisa menjadi bahan postingan. Selama perjalanan tak lupa membawa Kayu Putih Aroma sebagai teman travelling. Selain bisa menghangatkan tubuh, KPA juga bisa mengatasi gejala masuk angin karena biasanya wisata alam itu anginnya kencang apalagi jika digunung.

Teman travelling yang multifungsi: anti nyamuk, pencegah gejala masuk angin dan membangkitkan mood (Dok. Pribadi)
Teman travelling yang multifungsi: anti nyamuk, pencegah gejala masuk angin dan membangkitkan mood (Dok. Pribadi)
Jika tak ada teman travelling, saya lebih suka menghabiskan waktu dengan membaca buku. Jangan dianggap remeh karena membaca dan menulis adalah dua hal yang berkaitan seperti sisi mata uang. Semakin rajin membaca akan menghasilkan tulisan yang kaya data dan jernih mengalir. Bahan bacaan tidak terbatas pada buku-buku berat, bisa juga cerita lucu, novel, cerpen dan sebagainya. Saya sendiri memang bukan tipe pembaca yang baik. Godaan terbesarnya adalah mengantuk. Jika mata sudah tidak kuat tapi niat membaca masih ada, tinggal oleskan saja Kayu Putih Aroma (KPA) di pipi sambil dipijit-pijit. Cukup ampuh untuk bikin fokus dan melek lagi. Kadang saya juga sering mengoleskan KPA ke pelipis dan leher untuk memperbaiki mood.

Mood membaca turun? Langsung pakai Kayu Putih Aroma (Dok. Pribadi)
Mood membaca turun? Langsung pakai Kayu Putih Aroma (Dok. Pribadi)
Sampai pada kalimat ini, secara tidak sadar kalian telah mengatahui rahasiaku agar selalu kreatif dalam menulis blog. Sekarang, saatnya kalian merasakan sendiri manfaat dari Kayu Putih Aroma (KPA). Dengan Kemasan kekinian menjadi cocok untuk remaja sampai orang dewasa. Selain Lavender yang favoritku, masih ada varian Eukaliptus, Rose dan Green Tea yang dapat kalian pilih. Setiap varian memiliki efek aromatherapy dengan manfaat yang berbeda. Aromanya pun lembut dan tidak bau minyak-minyakan. Sehingga orang disekitar kita tidak merasa risih dengan baunya. 

Ragam varian Kayu Putih Aroma
Ragam varian Kayu Putih Aroma
Saya berterima kasih pada Kayu Putih Aroma (KPA) karena telah menjadi teman nge-blog agar terus menjadi creative people zaman now. KPA telah memberikan stimulus padaku agar semakin banyak ide, salah satunya dengan memunculkan meme dalam artikel blog. Saya sudah membuktikan manfaat dari KPA, kalian kapan? Yuk, dapatkan Kayu Putih Aroma di toko sekitar rumah atau mini market terdekat.

"Mas, saya sudah beli Kayu Putih Aroma, tapi kok masih nggak bisa nulis di kompasiana ya?" tanya teman ngopi.

"Itu wifinya belum disambungin..."

Facebook

Twitter