Mohon tunggu...
ANNA JULIANTO
ANNA JULIANTO Mohon Tunggu... manusia biasa

orang biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Solusi dan Inovasi BTN untuk Semua Generasi

16 Februari 2019   10:34 Diperbarui: 16 Februari 2019   11:05 181 1 0 Mohon Tunggu...

Bank Tabungan Negara ( BTN ) dan Kredit Pemilikan Rumah ( KPR ) adalah dua hal yang tidak terpisahkan. BTN terkenal karena KPR karena BTN merupakan pelopor penyediaan perumahan dengan sistem kredit. Dan hingga kini BTN menjadi bank yang paling banyak menyalurkan KPR. Sudah banyak masyarakat terbantu dengan adanya KPR dari bank BTN. 

Dengan makin pesatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama di kota-kota besar menyebabkan harga tanah dan rumah semakin mahal bahkan sebuah survei dari Rumah 123 kenaikan harga rumah melebihi kenaikan UMR sehingga berpotensi banyak masyarakat terutama kaum muda yang akan sulit membeli rumah. 

Keadaan ini coba diatasi BTN yang bekerjasama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kementerian PUPR RI)  serta didukung developer yang terpercaya dengan memberi solusi KPR bersubsidi yang memberikan fasilitas uang muka yang ringan mulai 1 %, suku bunga 5% tetap sepanjang waktu kredit , jangka waktu kredit hingga 20 tahun, bebas premi asuransi dan PPN dan subsidi bantuan uang muka sebesar 4 juta rupiah khusus rumah tapak.

Harga rumah yang mahal secara langsung membuat mayoritas  kaum milenial tidak tertarik untuk membeli rumah. Dan berkaitan hal ini BTN memberikan solusi dengan mengadakan KPR Gaeesss menyasar khusus kaum milenial yang akrab dunia digital berumur 21 - 30 tahun yang sudah punya fixed income dengan keistimewaan.

Kemudahan pengajuan KPR/KPA melalui aplikasi on line di www.btnproperti.co.id , uang muka mulai 1%, jangka waktu kredit 30 tahun untuk KPR dan 20 tahun untuk KPA, ada cuti bayar utang pokok selama 2 tahun, diskon biaya administrasi 50%, diskon biaya provisi 50% dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya.

Untuk menyikapi harga tanah dan rumah  yang tinggi maka perlu dipikirkan inovasi-inovasi yang lain agar masyarakat bisa mudah membeli rumah, seperti perlu adanya tabungan perumahan untuk anak-anak suatu cara agar anak dari sejak kecil didik untuk menyisihkan uang jajan untuk ditabung sebagi modal untuk beli rumah dan ini bisa difasilitasi bank terutama BTN yang memiliki berbagai keistimewaan seperti tidak ada biaya administrasi dan jika orang tua meninggal dia dapat asuransi kematian orang tuanya dan keistimewaan lainnya. 

Selain itu juga bagaimana pemerintah daerah (pemda) di dorong untuk memiliki tabungan tanah yaitu membeli lahan tanah yang banyak yang akan digunakan untuk perkantoran dan perumahan yang akan datang dengan cara mendapatkan kredit dari bank dan BTN bisa jadi pelopor dalam pembiayaan ini sehingga pemda tidak terbebani harga tanah yang semakin mahal di kemudian hari.  

Selama 69 tahun BTN mengabdi untuk negeri sudah banyak orang terbantu untuk mendapat rumah, dan BTN juga terus berkembang mengikuti zaman sehingga sanggup melayani untuk semua generasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x