Mohon tunggu...
Simon P. Sarkol
Simon P. Sarkol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya adalah seorang swasta yang berdedikasi dalam bidang pengembangan sosial ekonomi dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat lokal. Saat ini, saya sedang aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Asmat, khususnya terkait isu climate action dan ketahanan pangan. Saya juga terlibat dalam pengelolaan Credit Union di Asmat dan berbagi pengalaman seni musik dengan sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

Saya adalah seorang swasta yang berdedikasi dalam bidang pengembangan sosial ekonomi dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat lokal. Saat ini, saya sedang aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Asmat, khususnya terkait isu climate action dan ketahanan pangan. Saya juga terlibat dalam pengelolaan Credit Union di Asmat dan berbagi pengalaman seni musik dengan sekolah-sekolah di wilayah tersebut. Sebelumnya, saya memiliki pengalaman selama 3 tahun sebagai Freelance-Staf kontrak-Staf lapangan Project Asmat Makmur untuk LSM di Jogja, yang bekerja sama dengan salah satu Keuskupan di Papua. Proyek ini didukung oleh sebuah perusahaan di Jerman. Pengalaman tersebut membekali saya dengan pengetahuan dan keterampilan yang berharga dalam pekerjaan saya saat ini di Asmat. Selain itu, saya juga memiliki minat dalam pembuatan konten video, menulis, dan bermain musik. Saya mahir bermain gitar, organ gereja, dan keyboard. Bahkan, saya juga mengelola layanan kursus musik offline dengan nama Musik Asmat Sejahtera. Saya sangat antusias dalam menghadapi dinamika politik di Asmat dan berkomitmen untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat lokal. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email atau WhatsApp yang tertera di atas.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Peringatan Hari Pattimura di Asmat: Kolaborasi Sukses untuk Kebersamaan

17 Mei 2023   09:34 Diperbarui: 19 Mei 2023   10:17 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: Yosefita Rumlus

Perayaan Hari Pattimura di Agats, Kabupaten Asmat pada tanggal 15 Mei 2023 menjadi momen yang bersejarah dan penuh semangat bagi keluarga Kei-Asmat dan berbagai suku lainnya yang turut meramaikan acara tersebut.

Persiapan yang dilakukan oleh semua pihak menunjukkan keinginan yang kuat untuk merajut kembali persaudaraan dan persatuan di antara suku-suku Maluku dan bahkan lintas suku di Asmat, seperti Flobamora, Papua, Toraja, dan suku Asmat itu sendiri.

Peringatan ke-206 sejak peristiwa penting pada 15 Mei 1817 ketika Kapitan Pattimura bersama dengan Philips Latumahina, Lucas Selano, dan pasukan mereka menyerang pos-pos dan benteng Belanda di Saparua menjadi momen penting untuk memperingati perjuangan dan pengorbanan Pattimura.

Pada perayaan ini, suku-suku Maluku, termasuk Ambon dan Ternate, menyadari bahwa perjuangan Pattimura bukan hanya perjuangan bersaudara Ambon, tetapi juga perjuangan seluruh Maluku.

Hal ini menjadi penting untuk diwujudkan dan dijunjung tinggi di seluruh Nusantara, sehingga nama Pattimura dikenal sebagai pahlawan Maluku yang luas pengaruhnya di Indonesia.

Persiapan yang dilakukan oleh kerukunan-kerukuan dari berbagai suku ini menunjukkan semangat dan kebersamaan yang luar biasa.

Meskipun cuaca hujan terus-menerus, semangat mereka tidak surut. Mereka merasa bangga menjadi bagian dari keluarga Kei-Asmat yang begitu bersatu dan semangat untuk menghormati Kapitan Pattimura.

Suasana peringatan ini begitu meriah dengan kehadiran lintas suku di Asmat, menunjukkan bahwa semangat kebersamaan dan persatuan telah meluas di antara masyarakat Maluku, baik yang tinggal di tanah air maupun di perantauan.

Sumber foto: Nur Lendeng
Sumber foto: Nur Lendeng

Perayaan Hari Pattimura di Kabupaten Asmat ini menjadi ajang untuk merajut kembali kebersamaan di antara suku-suku Maluku. Bukan hanya dalam bidang budaya, melainkan juga dalam pendidikan dan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun