Mohon tunggu...
SENO R. PUSOP JR
SENO R. PUSOP JR Mohon Tunggu... Desainer - @rockyjr.official17

More Than Winner

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sebuah Nilai Kebajikan yang Membawa Perubahan

10 Agustus 2022   00:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:01 146 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar. Ilustrasi Kebajikan dari ngaderes.com

Hidup ini sangat menarik dan menantang, karena kita sedang menjalaninya. Ketika kita sampai di tujuan, hidup tidak akan menarik lagi dan kita hanya sibuk mengenang apa yang pernah kita lalui.

Sama sekali tidak akan menarik ketika kita meninggalkan kesan buruk dalam menapaki hidup. Sesuatu yang tidak berarti dan tidak berguna bagi orang-orang di seberang sana. Rasanya hidup ini terlalu hampa.

Nyatanya kita hanya sibuk dengan apa yang telah berlalu, tanpa memikirkan apa yang bisa dikerjakan sekarang. Bahkan tidak bisa membedakan sesuatu yang harus terjadi dengan sesuatu yang harus berhasil.

Jarang di dunia ini, orang memiliki niat baik untuk melakukan hal-hal bijak. Untuk mempertahankan eksistensi, kejahatan dan kekerasan selalu menjadi pilihan terbaik agar hasrat terpenuhi. Hal ini terjadi sebab nilai kebajikan itu redup.

Padahal, nilai kebajikan dapat mengubah segala sesuatu yang buruk menjadi baik. Hanya karena nilai kebajikan. Bukan dengan yang lain. Satu-satunya kebajikan bersumber dari 'Sang Khalik'. Jauh sebelum manusia mengetahui kebajikan, Ia menyatakannya terlebih dahulu.

Agar manusia berusaha untuk mencapai hidup yang kekal. Perbuatan baik akan menjadi keselamatan ketika melakukan nilai-nilai moral yang bermartabat. Tetapi jika tidak, apa artinya kita memiliki dunia ini, tetapi kita tidak memiliki keselamatan?

Banyak orang telah dilupakan dengan ketenangan dan kebahagiaan dalam mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain di sekitar mereka. Banyaknya harta dan kekayaan yang dimiliki, tapi semua itu tidak ada faedahnya tanpa sedikit pun nilai kebajikan yang bisa dilakukan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa apa pun yang kita miliki, jika orang lain tidak merasakannya, rasanya nihil. Meskipun banyak hal yang melimpah, hidup tidak akan pernah damai dan bahagia. Tentu saja, banyak orang yang berpikiran kekayaan yang menentukan segalanya, tetapi sayangnya gagal untuk mendapatkannya

Spirit yang membuat manusia menentukan dan berbuat baik, dimulai dari hati. Ya, dari hati tidak dengan insting. Kebajikan yang berawal dari hati dapat memutar kembali waktu, bahkan mengubah seluruh tatanan hidup manusia di dunia.

Kebajikan tidak memiliki batas. Kebajikan tidak dibuat untuk dikenang. Melakukan tanpa harus berpikir, tapi cuma-cuma, tidak dengan paksaan atau hanya sekedar mencari popularitas. Tapi dengan hati yang tulus dan ikhlas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan