Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com youtube : https://www.youtube.com/channel/UCL2z2EUZdml4YIKyqlpsEQw Saya pria, lahir di kota Tahu, Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 24 Desember , anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kenangan Indah Melihat Punggung Ayah

4 Juli 2022   15:11 Diperbarui: 4 Juli 2022   15:26 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ayahku bekerja sebagai montir di bengkel sepeda kepunyaannya, sehingga sejak kecil saya sudah familiar dengan sepeda. Dia bukan hanya menjadi montir, namun saat sedang tidak ada pelangan, dia sempat membangun sepeda dari beberpaa bagaian jenis sepeda yang berbeda, sehingga memiliki kekhasan nya tersendiri. Hampit tiap hari dia harus membungkuk dan terkadang duduk bngkung untuk memperbaiki roda sepeda.

Saat saya di Tama Kanak-kanak, saya diantar ke sekolah dengan menggunakan sepeda hasil karya Ayah.  Duduk di boncengan belakang, sambil sesekali melihat punggung ayah. Selain berangkat ke sekolah, terkadang, saya juga diajak jalan-jalan sore menikmati pemandangan alam pedesaan di waktu sore hari. Kenangan indah yang manis untuk dikenang, menikmati waktu bersama Ayah dalam hening dan indahnya alam. 


Menjelang akhit tahun 2007, saya memutuskan merantau ke Jakarta, untuk  bekerja, dan mencoba perutungan. Setelah dapat mengumpulkan uang, saya akhirnya bisa kredit motor. Saat liburan, saya sempatkan memngajak ayah jalan-jalan. Namun, saat itu saya yang memberikan kesempatan kepada ayah ntuk melihat punggung saya. Saat itu, saya merasakan betapa berat tulang  punggung Ayah dalam menghidupi kami. Saya melihat tulangnya yang sudah mulai tua dan bungkuk. Jika saat itu saya berada dibelakangnya lagi, mngkin hati ini  akan menjerit lebih keras, melihat bentuk tulang punggung yang sudah tidak tegak lagi.

Tidak disangka, itulah pengalaman pertama dan terakhir saya bisa membonceng ayah dengan menggunakan motor baru. Hal ini, akan menjadi kenangan indah yang ditambahkan kepada kenangan masa kecil saya.

Meski belum merasa puas membalas kebaikan Ayah, namun kenangan ini menjadi salah sat hal yang tidak akan saya lupakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun