Mohon tunggu...
Silvy Aprilia
Silvy Aprilia Mohon Tunggu... Mahasiswa

23107030076 mahasiswa aktif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apa Aja sih yang Diperlukan untuk Jadi Marketing Properti?

2 Juni 2024   09:18 Diperbarui: 2 Juni 2024   09:29 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.mortgagelenderpalmcity.com/mortgage-broker/

Pemasaran property menjadi kunci utama dalam menggerakkan pasar real estat yang kompetitif. Pada era sekarang yang dimana persaingan semakin ketat, dan juga konsumen yang memiliki akses yang semakin luas dalam mencari informasi mengenai property. Dengan itu sebagai marketing yang bertugas untuk menggerakan pasar real estat ini memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan produk menjadi sangat penting.

Dalam memasarkan suatu produk terutama property yang memiliki harga yang tidak murah, diperlukan kombinasi keterampilan, dari pengetahuan tentang produk, dan juga komunikasi yang baik dengan konsumen maupun rekan kerja. Berikut adalah beberapa cara agar menjadi marketing property yang baik.

  • Memahami Pasar Properti
  • Pertama sebagai marketing yang baik kita harus memahami pasar property lokal dan juga mengetauhi apa yang sekarang sedang tren. Hal ini juga termasuk memahami harga property terbaru, permintaan pasar, dan juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi pasaran di daerah tersebut.
  • Keterampilan Komunikasi
  • Komunikasi disini menjadi kunci dalam pemasaran property. Marketing yang baik harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Hal ini bertujuan untuk memikat konsumen atau agar konsumen menjadi percaya dengan kita walaupun hanya sebagai marketing. Kepercayaan konsumen ini sangat penting karena dengan kepercayaan konsumen marketing bisa membujuk dengan lebih mudah dan juga lebih mudah untuk menjualkan property tersebut.
  • Memahami Kebutuhan Konsumen
  • Setiap konsumen yang membeli property tentu saja beragam, ada yang dengan mudah memutuskan ada juga yang harus membutuhkan waktu untuk berpikir. Kebutuhan konsumen yang beragam ini yang membuat marketing harus memahami kebutuhan tersebut. Dan dengan memahami kebutuhan konsumen sebagai marketing akan lebih mudah untuk meyakinkan konsumen dan dapat menyajikan property dengan cara yang paling menarik bagi konsumen.
  • Memanfaatkan Teknologi
  • Seiring berkembangnya jaman teknologi telah mengubah cara pemasaran property. Yang dulunya hanya dilakukan melalui brosur atau baliho dipinggir jalan, sekarang bisa melalui marketplace, seperti Facebook, Instagram dan TikTok. Sebagai marketing kita juga harus mengikuti perkembangan tersebut, konsumen jaman sekarang akan lebih cenderung melihat iklan di media sosial daripada di media cetak. Kita bisa memanfaatkan teknologi yang berkembang ini dengan mengiklankan produk property di media sosial seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Membangun Relasi
  • Membangun relasi ini penting bagi marketing. Membangun hubungan dengan konsumen, developer dan pihak lain dalam industry property adalah kunci kesuksesan jangka Panjang. Dengan kita memiliki relasi maka akan lebih banyak informasi yang masuk, seperti developer yang membangun proyek baru, konsumen yang masih membutuhkan bantuan dan juga informasi yang dibutuhkan marketing.
  • Fleksibel dan Adaptif
  • Sebagai seorang marketing maka kita akan lebih sering melakukan kegiatan di lapangan seperti survey property Bersama konsumen atau bisa juga berkelilinga untuk melihat apakah ada proyek baru. Maka dari itu marketing harus lebih fleksibel dan adaptif saat membersamai konsumen. Atau juga bisa lebih adaptif dalam mengikuti pasar property yang selalu berubah di setiap waktunya.
  • Konsisten dan Profesional
  • Konsisten dan profesionalisme adalah kunci untuk membangun reputasi yang baik dalam industry property. Sebagai marketing yang baik kita harus mengutamakan integritas dan konsistensi dalam berinteraksi dengan konsumen maupun relasi kerja yang lain.

Menjadi marketing property yang baik memerlukan keterampilan seperti memahami produk, memahami konsumen, dan bisa membagun relasi dengan banyak rekan kerja. Walaupun dalam bidang ini juga terdapat berbagai tantangan, seperti relasi yang berkhianat, konsumen yang hanya iseng, dan juga proyek yang tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Hal-hal tersebut adalah hal yang wajar dalam industry ini, namun kita bisa mencegah hal tersebut dengan berbagai kemampuan yang disampaiakn di atas.

Dengan berbagai kemampuan tersebut kita sebagai marketing dapat memiliki lebih banyak kepercayaan baik dari konsumen maupun relasi kita. Tak hanya kepercayaan tapi juga dengan mengetahui kebutuhan konsumen kitab isa memenuhi kebutuhan tersebut. Dan dengan adanya kepercayaan dari konsumen dan rekan kerja yang berikan kepada kita sebagai marketing, kita bisa mencapai kesuksesan yang besar dalam industry property yang kompetitif ini.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun