Mohon tunggu...
Silviyatun Niami
Silviyatun Niami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Saya suka mendengarkan musik, menonton video motivasi dan lucu.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Hal Baru dan Cerita Baru yang Tersemat

1 November 2022   22:09 Diperbarui: 1 November 2022   22:25 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Ada pepatah bahasa Inggris "Experience is the best teacher" yang artinya pengalaman adalah guru terbaik. Ya, dengan pengalaman kita akan mendapatkan banyak hal baru, cerita baru, dan juga teman baru. Banyak pengalaman-pengalaman yang diingat, baik dari masa kecil, SMA, ataupun yang kita jalani saat ini.

Teringat dengan kejadian yang tepatnya satu tahun lalu. Ketika saya memutuskan untuk mencari kerja full time, saya memutuskan untuk melamar disalah satu toko online shop yaitu Shopee. Tidak hanya di Shopee, namun toko tersebut juga bergelut di online shop lain seperti Lazada, Tokopedia, dan Tiktok Shop. Saya diterima masuk kerja pada tanggal 4 Oktober 2021. 

Hari pertamaku menjadi seorang karyawan. Dimana sebelumnya saya hanya seorang pelajar dan hanya bisa meminta uang kepada ortu. Saat berangkat bekerja dan melihat anak-anak berangkat pergi sekolah dan memakai seragam, rasanya hati ini ingin kembali ke masa lalu. Ke masa yang tidak memikirkan apa itu beban hidup dan apa itu himpitan ekonomi.

Dengan bekerja, saya merasa ada di dunia baru dan suasana baru yang masih asing untuk dijalani. Berangkat di pagi hari dan pulang di malam hari. Setelah itu tidur, bangun pagi dan bekerja lagi. Seakan dunia hanya berputar pada tidur kerja pulang tidur lagi kerja dan pulang. Namun yang terpenting dalam bekerja ini, saya mendapatkan hal baru yang belum pernah saya temui disaat masih sekolah. 

Bagaimana cara kita melakukan pekerjaan dengan baik dan teratur, hubungan dengan sesama teman/senior dan juga boss. Bisa dibilang saya melakukan banyak kesalahan saat bekerja, kurang maksimal ataupun kurang teliti. Saya merasa kurang cocok untuk bekerja dan banyak mengeluh kepada diri sendiri.

Pekerjaan yang saya lakukan dari bulan ke bulan berganti, dari mengemas produk lalu berganti ke pembelanjaan, lalu mengemas paket, mengupload produk baru, hingga menjadi konten kreator dari toko tersebut. 

Banyak pengetahuan yang saya dapatkan dan menjadikan motivasi dalam diri saya. Ada banyak suka duka yang telah terjadi melewati masa-masa dunia bekerja ini. Bukan tentang siapa yang telah lama bekerja, melainkan tentang siapa yang mau berubah dan membuat diri mereka lebih baik untuk kemajuan. Dan saya mengundurkan dari dari pekerjaan tersebut karena saya harus lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu kuliah di salah satu kampus NU terbaik di Jawa Timur, yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. 

Mendapatkan uang tidaklah mudah, perlu kerja keras dan usaha yang dilakukan. Banyak pengorbanan dan keputusasaan yang tersirat dalam benak hati. Ingatlah orang tua kalian telah mengorbankan waktu dan usahanya agar membuatmu tetap belajar dan kelak menjunjung tinggi mereka. Tetap semangat dan jangan menyerah

Nama      : Silviyatun Ni'ami

NIM         : 4330022005

Prodi       : S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Instansi : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun