Mohon tunggu...
Silvia Aprilia
Silvia Aprilia Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa UPI'18

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengenalan Berbagai Media Pembelajaran Online kepada Guru SD

1 Agustus 2021   17:47 Diperbarui: 1 Agustus 2021   17:53 89 2 1 Mohon Tunggu...

Pandemi yang masih belum berakhir masih mengharuskan kita untuk tetap beraktivitas dan melakukan kegiatan di rumah, termasuk dalam bidang Pendidikan yang menjadi sebuah tantangan bagi setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan agar tetap berjalan dan tapi juga bagaimana memastikan pembelajaran tetap tersampaikan dengan baik dan tidak terasa membosankan dan memunculkan minat dan motivasi siswa untuk tetap belajar walaupun belajar secara online atau daring.

Dengan melihat realita permasalahan yang dirasakan pada banyak tenaga pendidik di Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan suatu kegiatan KKN tematik dengan tema "Membangun desa melalui bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa pandemi"(KKN Tematik MDBPE-MBKM tahun 2021) yang dilakukan pada tanggal 03 Juli s.d. 03 Agustus 2021, dilaksanakan secara individu dan daring sesuai dengan alamat domisili masing-masing. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program yaitu SDN Lemahduhur 1 yang berada di Dusun Bayur 02. Yang disambut dengan sangat baik dengan adanya program KKN ini, yang diawali dengan berkoordinasi dan meminta izin dalam pelaksanaan kegiatan. 

Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menjadi pilihan utama bagi siswa, guru sebagai fasilitator harus mengemas pembelajaran jarak jauh agar dapat diakses oleh seluruh peserta didik. 

Namun, kenyataan di lapangan masih banyak guru yang belum menguasai Ilmu Teknologi (IT) dalam memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran. 

Begitupun di SD Lemahduhur 1 selama pembelajaran daring berlangsung guru hanya menggunakan WhatsApp sebagai media untuk pemberian tugas. 

Maka dari itu peserta melakukan kegiatan pengenalan mengenai penggunaan dan pemanfaatan aplikasi pembelajaran selain WhatsApp sebagai penunjang pembelajaran daring untuk guru. Salah satunya pengenalan Media pembelajaran yang dibuat poster seperti Kahoot, quiziz, educandy, quizzwhizer, dan menjelaskan cara menggunakan aplikasi tersebut. 

Peserta juga membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan dilakukan agar media yang digunakan beragam tidak hanya melalui buku saja, peserta membuat rangkuman materi Kelas 6 dan Kelas 4 Tema 1 Sub tema 1 Pembelajaran 1-3, yang dibuat Power point untuk memudahkan mereka dalam melaksanakan pembelajaran dengan siswa. Selain itu, dalam membantu administrasi guru peserta menyediakan dan membuat absensi siswa di Google form. Selama pelaksanaan KKN di SDN Lemahduhur 1 disambut dengan sangat baik dengan adanya program KKN ini.

Peserta juga melakukan pendampingan kepada orang tua siswa. 

Namun, sebelum memulai pendampingan kepada orang tua, peserta membagikan kuisioner di google form yang berisi pertanyaan seputar kesiapan orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring, serta apa saja yang menjadi hambatan atau kesulitan yang dihadapi oleh para orang tua. 

Hasilnya sebagian besar menunjukkan bahwa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mendampingi anak dalam pembelajaran karena berbagai faktor. 

Oleh karena itu, peserta membuat grup via WhatsApp untuk memecahkan berbagai permasalahan agar dapat berdiskusi untuk cara yang tepat dalam menanganinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN