Mohon tunggu...
Silvana Nurulfauziyyah
Silvana Nurulfauziyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Biologi Universitas Diponegoro

Let's be friend and enjoy my writing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Vaksin di Desa Cililin

1 Agustus 2021   10:35 Diperbarui: 1 Agustus 2021   10:37 78 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Vaksin di Desa Cililin
Poster Miniwebinar Series (Dok. Pribadi)

Bandung Barat, - Sabtu (17/07), mahasiswa peserta KKN Undip Tim II Tahun 2020/2021 melaksanakan program kegiatan miniwebinar series “Pemahaman Remaja Usia Sekolah terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan”. Edukasi dan sosialisasi yang dilaksanakan terdiri atas tiga topik utama, yaitu (1) Virus SARS-CoV-2 dan Vaksinasi sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, (2) Gerakan #DoubleMasking di Masa Pandemi, Pentingkah?, dan (3) Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi. Kegiatan miniwebinar series ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan remaja usia sekolah di Desa Cililin mengenai Covid-19, penerapan protokol kesehatan dan pentingnya vaksinasi sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia dan saat ini pemerintah telah menetapkan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat terhitung mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Adanya PPKM memberikan dampak bagi aspek sosial dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan PPKM juga menjadi masalah utama yang dihadapi Kabupaten Bandung Barat, terutama di Desa Cililin karena tingkat infeksi Covid-19 yang masih terus bertambah. Penyebabnya adalah masih banyak warga masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan bahkan menolak untuk melakukan vaksinasi. Bahkan, remaja usia sekolah pun masih awam terhadap Covid-19 dan kegiatan vaksinasi ini.

Laporan survei awal terhadap 15 remaja usia sekolah di Desa Cililin menunjukkan bahwa sebanyak 8 orang mampu memberikan 4 contoh manfaat dari vaksinasi dan ada 1 orang yang mengungkapkan kenapa dia harus divaksin. Selain itu, sebanyak 53% responden menjawab salah saat ditanya terkait virus penyebab Covid-19. Adapun sebanyak 40% responden mampu menjawab dengan benar mengenai virus SARS-CoV-2 sebagai virus penyebab Covid-19. Data ini menunjukkan bahwa remaja usia sekolah di Desa Cililin kebanyakan masih belum memahami masalah Covid-19 dan manfaat vaksinasi untuk pencegahan Covid-19.

Atas dasar permasalahan tersebut, Silvana Nurulfauziyyah Indahsari (21) yang tergabung sebagai mahasiswa peserta KKN Undip dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” membuat program kegiatan Miniwebinar Series “Pemahaman Remaja Usia Sekolah terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja usia sekolah di Desa Cililin mengenai Covid-19 dan manfaat vaksinasi. Kegiatan ini juga dalam rangka mengajak remaja usia sekolah agar tidak takut divaksin. Hal ini karena seperti yang kita tahu bahwa remaja usia 12-17 tahun juga sudah dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi sebagai upaya pencegahan Covid-19 di kalangan remaja.

Pelaksanaan Miniwebinar series zoom meeting(Dok. pribadi)
Pelaksanaan Miniwebinar series zoom meeting(Dok. pribadi)
Kegiatan miniwebinar series dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dalam rangka untuk menghindari kerumunan dan mendukung kebijakan PPKM dari pemerintah. Materi sosialisasi dan edukasi yang disampaikan pada miniwebinar di antaranya meliputi pengenalan virus dan varian virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab Covid-19, gejala Covid-19, pengenalan vaksin dan manfaatnya terhadap pencegahan Covid-19, serta materi protokol kesehatan. Kegiatan berlangsung kondusif dengan adanya sesi diskusi, tanya jawab serta sharing bersama mengenai vaksinasi.

Penjelasan Materi (Dok. pribadi)
Penjelasan Materi (Dok. pribadi)

Penutupan kegiatan miniwebar series dilakukan dengan membagikan infografis dan media edukasi digital kepada peserta miniwebinar secara daring melalui grup whatsapp. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja usia sekolah di Desa Cililin terhadap Covid-19 dan manfaat vaksinasi di masa pandemi ini. Poster digital yang dibagikan meliputi pengenalan virus Covid-19, varian virus SARS-CoV-2, manfaat vaksinasi dan prioritas penerima vaksin.

Poster Pengenalan Covid-19 (Dok. pribadi)
Poster Pengenalan Covid-19 (Dok. pribadi)
Poster Varian SARS-CoV-2 (Dok. Pribadi)
Poster Varian SARS-CoV-2 (Dok. Pribadi)
Poster Manfaat Vaksinasi (Dok. pribadi)
Poster Manfaat Vaksinasi (Dok. pribadi)
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x