Kesehatan

Penyebab Munculnya Bruntusan

11 Januari 2018   13:03 Diperbarui: 11 Januari 2018   13:04 190 0 0

Jerawat bruntusan ini tidak seperti jerawat pada umumnya yang besar dan merah, justru berbentuk kecil-kecil namun bila tumbuh itu tidak hanya satu tetapi banyak. Dan jerawat jenis ini juga termasuk yang membandel atau sulit hilang, maka tidak heran orang yang mengalaminya baik wanita atau pria sering dibuat jengkel oleh jerawat bruntusan ini.

Apasih Sebenarnya Penyebab Jerawat Bruntusan ini?

Berikut ini penyebab jerawat bruntusan tumbuh, diantaranya :

1. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab ini biasanya banyak dialami oleh para remaja, namun bukan berarti mereka yang sudah dewasa tidak mengalaminya. Pada wanita usia produktif yang mengalami masalah hormonal biasanya jerawat bruntusan ini muncul seiring dengan berakhirnya siklus haid atau saat fase pra menstruasi.

2.Jenis Kulit

Kulit yang kering lebih rentan terkena bruntusan, untuk itu penting bagi Anda menjaga kelembapan kulit agar bruntusan ini tidak tumbuh. Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan atau mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin E serta C.

3. Malas Membersihkan Wajah

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan terutama berkendara di jalan yang berpolusi dan menggunakan make-up yang berlebih bisa membuat wajah kotor. Hal ini sering memicu jerawat bruntusan untuk muncul terlebih bila wajah yang kotor tadi jarang dibersihkan. Pori-pori akan tertutup dan kotoran akan menumpuk.

4. Alergi

Bila Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan brutusan namun ternyata tidak membawa hasil yang maksimal bisa jadi penyebab inilah yang dialami. Biasanya hal ini muncul akibat makanan yang dikonsumsi atau hal lainnya.

5. Kebiasaan Merokok

Walau hal ini buruk untuk tubuh namun masih banyak orang yang melakukannya, dengan merokok berarti racun akan masuk ke dalam tubuh. Salah satu akibat dari kebiasaan merokok ini ialah munculnya brutusan ini karena ekspos kulit terhadap zat nikotin dari rokok.

Sekian semoga bermanfaat :)