Matematika adalah salah satu ilmu dasar yang dipelajari dari berbagai tingkat pendidikan dan berbagai usia, baik dari TK sampai dengan jenjang perguruan tinggi serta dari muda hingga tua. Sejak ditemukannya, matematika selalu berkembang secara dinamis seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan ilmu matematika ini tidak pernah berhenti karena matematika sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sempurna. Maka dari itu menuntut adanya sumber daya manusia yang berkompetensi dalam bidang matematika untuk dapat menumbuhkan kemampuan matematika anak (Eko A. Purnomo & Venissa D. Mawarsari : 2014)
Tapi kenyataan, matematika sering kali disalah artikan oleh sebagian kaum pelajar, terkadang mata pelajaran ini dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak menyenangkan. Kenyataan ini tidak jarang berubah menjadi suatu kebencian terhadap apa saja yang berhubungan dengan matematika. Dan sebagian masyarakat menganggap bahwa matematika kurang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat (Try Gusmawan : 2015)
Seiring perkembangan zaman, belajar matematika menjadi kian mudah, karena bermunculannya metode – metode pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan seperti dalam bentuk permainan, model – model pembelajaran dan sebagainya. Dari semua jenis media pembelajaran interaktif, media pembelajaran melalui permainan termasuk salah satu solusi yang memiliki nilai lebih, krena pada dasarnya permainan berfungsi sebagai hiburan dengan dijadikan media media pembelajaran dapat membuat anak-anak menjadi lebih senang dalam belajar karena mereka bisa bermain dan belajar secara bersamaan.
Dalam pembelajaran matematika operasi hitung merupakan dasar atau modal awal peserta didik dalam segala hal pengajaran matematika di sekolah. Terkait dengan pembelajaran matematika pada anak Sekolah Dasar akan terasa sulit jika mengajarkan operasi hitung matematika hanya secara teoritis saja. Â Maka dari itu, proses pembelajaran matematika harus dikembangkan lebih menarik dan bervariasi dalam penerapan metode pembelajaran. oleh karena itu, permainan Cocokologi Math bisa digunakan siswa dalam belajar matematika pada operasi hitung dengan sambil bermain.Â
*Tujuan dan Manfaat Permainan Cocokologi Math :
- Dapat melatih otak untuk berpikir cepat dan tepat.
- Melatih ketelitian dalam mencocokkan soal dan jawaban.
- Pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
- Dapat meningkatkan semangat dan optimis dalam belajar matematika.
* Langkah – langkah :
1. Permainan dimainkan oleh 2 orang.Â
2. Permainannya telah disediakan berupa soal-soal dan jawaban-jawaban.
3. Bagian tengah terdapat jawaban-jawaban dan bagian kanan kiri terdapat soal-soal. Soal-soal tersebut berisi materi operasi hitung dasar matematika.
4. Cara mainnya dengan mencocokkan antara soal dan jawaban dengan benar dan cocok.Â
5. Sesama pemain berlomba-lomba selesai lebih awal, pemain yang selesai lebih awal maka dialah pemenangnya.
Berikut link youtube cara bermain permainan cocokologi Math sebagai berikut :Â
Daftar Pustaka
Krisbiantoro, Dwi & Haryono, Deny. 2017. Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. STMIK AMIKOM Purwakerto.Â
Purnomo, Eko A. & Dian Mawarsari, Venissa. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning.
Gusmawan, Try. 2015. Makalah Penerapan Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari. (https://tugaskuliah15.blogspot.com/2015/10/makalah-penerapan-matematika-dalam.html?m=1)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI