Mohon tunggu...
Sihol Hasugian
Sihol Hasugian Mohon Tunggu... Pembelajar Administrasi Publik; Sport Enthusiast.

Barcelonista, Gooners. Membaca dan menulis adalah sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Prestasi Bartomeu di Barcelona

3 Maret 2021   00:13 Diperbarui: 3 Maret 2021   00:16 94 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Prestasi Bartomeu di Barcelona
Eks Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Foto:Okezone.com

selain pembelian buruk dan skandal yang dialaminya, Bartomeu juga harus diakui menghadirkan beberapa pemain yang menjadi motor penggerak permainan Barcelona dalam lima musim terakhir. Misalnya, Luiz Suarez, Neymar Jr, Ivan Rakitic, hingga Marc Andre Ter Stegen.

Josep Maria Bartomeu, namanya seketika jadi buah bibir di jagat maya. Mantan Presiden Barcelona itu ditangkap atas tuduhan aliran dana dari rekening resmi klub ke perusahaan pihak ketiga I3 Ventures, yang ditugaskan untuk mencemarkan nama baik rivalnya, baik yang di dalam maupun di luar klub.

Dia diduga menyewa buzzer untuk melawan rivalnya di Barcelona. Siapa nanya, hari ini dia telah tak ada di penjara. Bartomeu bebas untuk sementara. Bartomeu dapat sedikit bernafas lega. Mudah-mudahan saja hanya sementara. Lalu polisi memasukkannya lagi ke penjara.

Bartomeu yang berkuasa sebagai presiden Barcelona sejak 2014 telah banyak menghasilkan prestasi bagi klub kebanggan Catalan. Yang paling prestisius adalah saat Barcelona menjuarai Liga Champions di era kepelatihan Enrique. Lalu gelar La Liga beberapa kali. Kemudian, Piala Raja.

Selain itu rasanya tak ada lagi prestasi yang ia torehkan. Oh iya, hampir kelupaan. Bartomeu ternyata juga menghasilkan belasan pemain bagi Barcelona. Setidaknya dia berhasil membeli pemain-pemain hebat, dari klub hebat pula. Yang pasti harga belinya pun tak kalah hebatnya.

Selama menahkodai Barcelona, Bartomeu berhasil menghadirkan 33 pemain top dunia yang harga triliunan rupiah. Pembelian itu pun harus diakui berhasil. Berhasil mengganggu produk La Masia.

Lalu berhasil merusak performa Barcelona, akibat banyaknya pemain yang tidak perform. Maka tak heran dia dijuluki sebagai Presiden yang tidak cerdik berbelanja. Bahkan cenderung blunder.

Dari 33 pemain yang dia beli, 8 diantaranya malah lebih sering menghiasi kursi cadangan. Juga menghiasi timeline ejekan para fans Barcelona di Camp Nou.

1. Andre Gomez

Setelah bermain luar biasa bersama Valencia. Pemain Portugal ini tak dapat menunjukkan performa terbaiknya bersama Barcelona. Dia malah lebih banyak jadi ejeken fans La Braugrana. Kucuran miliaran rupiah yang dikeluarkan Bartomeu tak dapat mengangkat Barcelona. Dia hanya bermain 46 kali di semua kompetisi selama 3 musim bersama El Barca. Saat ini pemain 27 tahun tersebut sudah nyaman bersama Everton.

2. Malcom

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN