Mohon tunggu...
Sihol Hasugian
Sihol Hasugian Mohon Tunggu... Pembelajar Administrasi Publik; Sport Enthusiast.

Barcelonista, Gooners. Membaca dan menulis adalah sarana berbagi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menanti Asa di Balik Batalnya Liga Indonesia

21 Januari 2021   00:26 Diperbarui: 21 Januari 2021   01:54 107 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanti Asa di Balik Batalnya Liga Indonesia
PSSI dan PT LIB mengadakan rapat terkait Liga 1 dan Liga 2. Sumber : liga-indonesia.id

Kondisi sepak bola Indonesia seolah seperti tak ada kemajuan. Setelah 311 hari tanpa pertandingan sejak laga terakhir musim, hari ini kompetisi sepakbola tanah air dipastikan tak memiliki kampiun musim 2020/2021. 

Baik itu kasta tertinggi, pun dengan kasta kedua. Degradasi dan promosi di antara keduanya pun dihilangkan. Hal ini terjadi, menyusul adanya keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru pada Rabu, 20/1/2020. Kompetisi yang baru melakoni 3 laga itu, secara resmi dibatalkan karena, kondisi kahar ( force majure ) terkait pandemi covid-19.  

Jauh sebelum keputusan itu, mandeknya kompetisi tak ayal menimbulkan banyak masalah. Terutama para pemain. Banyak klub rugi, dan tak sanggup membayar kontrak pemain. Satu per satu pemain menganggur. Kondisi fisik juga tak terurus. Tersendatnya gaji jadi penyebabnya. Apalagi setelah keputusan PSSI membatalkan lanjutan liga, para klub Liga 1 dan 2 diminta untuk mengatur kontrak pemain dengan aturan yang berlaku di internal klub. Keputusan ini tentu akan membebani manajemen klub.

Lagi-lagi PSSI sama sekali tak memberi solusi bagi klub. Kita tahu, beberapa waktu lalu Persipura berhenti beraktivitas, menyusul tidak adanya kepastian liga terutama suntikan dana.

Kini otoritas sepak bola Indonesia menetapkan kompetisi baru akan digulirkan pada 2021. Usaha demi usaha sebenarnya telah dilakukan. Akan tetapi, upaya itu tak mudah dilakukan. Walau PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru sepakat menyambut Liga 1 pada musim 2021 dilakukan pada Maret-November 2021, ternyata juga belum menemukan titik pasti kapan jadwal main. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru belum mengantongi izin dari pihak Polri untuk menggelar liga.

Sepertinya, hal itu bisa urung terjadi. Semoga saja tidak.

Dampak Bagi Timnas 

Ketidakpastian kapan jadwal resmi musim 2021 dilangsungkan akan berdampak pada kualitas tim nasional. Idealnya pelatih akan dapat memilih skuadnya dengan melihat perkembangan permainan setiap pemain di lapangan. Tak mungkin memilih seadanya saja. Alpanya kegiatan fisik para pemain di lapangan dapat berdampak pada kualitas individu. Pasalnya hampir satu tahun tak menyentuh lapangan rumput. Ini akan membuat pemain membutuhkan waktu lebih lama untuk adaptasi. Pelatih juga dibuat tertatih menentukan skuadnya.

Padahal dalam tahun ini beberapa turnamen yang harus dilakoni oleh Indonesia. Sea Games 2021 dan Piala AFF barangkali dua turnamen terdekat. Harapannya Timnas bisa dapat meraih prestasi di bawah asuhan Shin Tae Yong. Tapi, ini mungkin akan sulit tercapai. Bagaimanapun, mandeknya kompetisi domestik akan menyulitkan Shin Tae Yong menyiapkan segalanya.

PSSI Perlu Berbenah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x