Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tragedi Kanjuruhan, Sanksi FIFA dan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah World Cup U-20?

2 Oktober 2022   18:42 Diperbarui: 2 Oktober 2022   18:44 699 41 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tragedi kanjuruhan berdarah, kerusuhan suporter yang memakan banyak korban meninggal dunia | Foto Via Kompas.com

Terjadinya tragedi berdarah di stadion kanjuruhan nampaknya akan berefek domino, selain pengusutan ataupun investigasi secara hukum, imbas lainnya adalah respon FIFA terhadap sepakbola nasional kita.

Ya, dari tragedi kanjuruhan berdarah ini, bisa jadi FIFA bakal meninjau ulang kembali terkait kelayakan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2023, yang rencananya akan bergulir pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Apalagi secara faktanya di lapangan, terkait tragedi kanjuruhan berdarah tersebut, memang ada aturan ataupun SOP yang sudah dilanggar oleh pihak penyelenggara pertandingan.

Karena ditemukan fakta bahwa, aparat keamanan yang bertugas ternyata menggunakan gas air mata dalam mengatasi situasi dan kondisi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

Padahal, larangan FIFA soal penggunaan gas air mata secara jelas tertuang pada Bab III pasal 19 tentang pengamanan pertandingan sepakbola.

No firearms or crowd control gas shall be carried or used.

Dalam aturan FIFA tersebut sangatlah jelas mengatur, bahwa aparat keamanan tidak diperbolehkan menggunakan senjata api atau gas pengendali massa ataupun gas air mata.

Ya. Tragedi Kanjuruhan berdarah jelaslah memang sangat memprihatinkan, banyak sekali korban yang meninggal dunia, duka mendalam meliputi sepakbola nasional. Banyak keluarga yang berduka karena kehilangan orang-orang yang dicintai 

Namun demikian, disatu sisi lainnya, tragedi kanjuruhan berdarah ini juga membuat was-was dan khawatir dengan adanya sanksi dari FIFA kepada sepakbola nasional.

Tragedi kanjuruhan berdarah, kerusuhan suporter yang memakan banyak korban meninggal dunia | Foto Via Kompas.com
Tragedi kanjuruhan berdarah, kerusuhan suporter yang memakan banyak korban meninggal dunia | Foto Via Kompas.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan