Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Dear Karyawan, Jangan Umbar "Rahasia Dapur" Kantor pada Pihak Luar

26 November 2020   11:39 Diperbarui: 27 November 2020   06:04 2201 47 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Karyawan, Jangan Umbar "Rahasia Dapur" Kantor pada Pihak Luar
Ilustrasi gambar aktivitas kantor | Dokumen gambar via Qerja.com

Sejatinya, apa yang menjadi "rahasia dapur" kantor sejatinya adalah hal yang paling sangat "terlarang" atau pun  sesuatu yang "sakral" untuk dapat diketahui oleh pihak lain di luaran kantor.

Kalau diistilahkan juga, maka apa yang menjadi "rahasia dapur" kantor adalah merupakan "isi" atau pun yang jadi "dalemannya" dari suatu kantor.

Maksudnya "rahasia dapur" atau pun "dalemannya" kantor di sini adalah, segala sesuatu hal yang berkaitan atau pun menyangkut dengan berbagai hal tentang kegiatan, kejadian, dan kinerja internal yang sedang berjalan di suatu kantor.

Kegiatan, kejadian dan kinerja internal di suatu kantor umumnya meliputi apa yang menjadi strategi manajemen kantor hingga mungkin adanya konflik internal yang bisa saja terjadi di suatu kantor.

Dalam hal strategi manajemen misalnya, tentunya dalam rangka eksistensinya atau pun bersaing dengan pihak luar yang merupakan kompetitor dari kantor, maka kantor pasti punya cara dan strateginya masing-masing.

Nah, strategi manajemen inilah yang terkadang justru sering kali terdeteksi atau pun dapat terbaca oleh para pihak kompetitor kantor.

Hal ini dikarenakan, akibat adanya karyawan yang ternyata justru bertindak kurang bijak dengan membocorkannya atau mengumbarnya kepada pihak diluaran kantor.

Begitu juga halnya, tatkala di kantor terjadi konflik internal dan konflik lainnya, seperti misal, adanya persoalan suasana kantor yang mungkin sedang kurang kondusif, kebijakan dan manajemen yang mungkin sedang dirasa kurang pas, atasan yang dirasa kurang kompeten, dan mungkin hal lain sebagainya yang sejenis.

Nah, dalam hal terjadi konflik internal ini, terkadang seringkali juga, karyawan justru bertindak kurang bijak, yaitu malah mengumbarnya keluar terkait apa yang sedang terjadi di kantor tersebut.

Padahal, strategi manajemen hingga konflik internal, termasuk berbagai hal lainnya yang terjadi di dalam kantor adalah bagian dari "rahasia dapur" kantor yang amatlah "sakral" dan amatlah tertutup dapat diketahui oleh pihak luar.

Sehingga sungguh sama sekali tak bijaksana, bila sampai akhirnya bisa diketahui oleh pihak di luaran kantor, karena "rahasia dapur" kantor adalah juga merupakan bagian dari "kehormatan" suatu kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN