Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

5 Elemen Penting Wawancara Podcast

26 September 2020   12:40 Diperbarui: 26 September 2020   12:42 188 27 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Elemen Penting Wawancara Podcast
Agnez Mo saat melakukan wawancara dengan Eric Nam | Foto via Tribunnews.com

Di Indonesia, eksistensi Podcast semakin tren dan diminati oleh para audiens dalam rangka memperoleh informasi dan hiburan.

Segmen maupun topiknya juga bermacam-macam jenisnya, ada hobi, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya, bahkan Podcast juga bisa menjadi ladang investasi yang cukup menjanjikan.

Dari sekian banyak segmen Podcast, salah satu format Podcast yang paling populer maupun digemari oleh para audiens atau penyimaknya adalah Podcast wawancara.

Podcast wawancara merupakan segmen program acara Podcast yang di antaranya menghadirkan pemandu acara ataupun host, bintang tamu ataupun narasumber yang biasanya adalah sudah ahli di bidang tertentu.

Nah, berkaitan dengan itu, melalui artikel ini, penulis ingin berbagi sedikit pengalaman, tentang beberapa elemen penting yang diperlukan oleh pemandu acara Podcast dalam rangka menyampaikan wawancara terhadap narasumber Podcast.

Lalu, apa sajakah elemen penting tersebut?

1. Menjalin hubungan pra-wawancara.

Sebelum melakukan wawancara kepada narasumber, maka pemandu acara perlu menjalin hubungan dan melakukan riset terlebih dahulu kepada narasumber.

Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan hubungan pra-wawancara seperti misal, jalin komunikasi melalui website, media sosial, email ataupun obrolan video.

Ilustrasi gambar ngobrol santai bareng narasumber | Dokumen Pribadi
Ilustrasi gambar ngobrol santai bareng narasumber | Dokumen Pribadi
Bahkan boleh juga ditegaskan sesaat sebelum mulai acara, semisal ngobrol santai dulu bareng narasumber, atau brifing sejenak dengan suasana yang nyaman.

Sehingga ketika sudah bermain diprogram acara, maka pemandu acara dapat membangun keakraban dengan narasumber, dan menampilkan program wawancara yang lebih menarik, asyik, nyaman, dan santai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x