Mohon tunggu...
Shohibul Jannah
Shohibul Jannah Mohon Tunggu... Hidup lebih baik

Optimis

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filosofi Pendidikan: Ontology Pendidikan, Epistemology Pendidikan, dan Axiology Pendidikan

20 April 2020   11:30 Diperbarui: 20 April 2020   11:42 23 1 0 Mohon Tunggu...

ASSALAMUALAIKUM WR WB

Semoga allah selalu menjaga kita

Dalam materi ini kita akan mempelajari filosofi pendidikan

Dalam sebuah pendidikan harus di dasari sebuah pemahaman terlebih dahulu yang harus  kita keuasai untuk mempermudah  pembelajaran dalam pendidikan terutama bagi calon pendidik. Kita di tuntut untuk bagaimana caranya suatu pendidkan bisa maju dan berkualitas. Ada tiga dasar dalam filosofi pendidikan yaitu ; ontology pendidikan, epistimology pendidikan, axiologi pendidikan.

ONTOLOGY PENDIDIKAN  

ONTOLOGY berasal dari Bahasa yunani yaitu on atau otos yang artinya ada dan logos yang berarti ilmu. Sehingga ontologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat yang ada dalam pendidikan. Aspek ontologi setidaknya  harus di telaah secara metode, sistematis, koheren, rasional, komprhensif, radikal, universal. Ontologi mengutamakan sifat empiresme dan menekankan materi sebagai penggerak utama dalam pendidikan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik.

EPISTIMOLOGY PENDIDIKAN

EPISTIMOLOGY berasal dari bahasa yunani yaitu episteme yang berarti pengetahuan dan logos yang artinya pikiran. Jadi bisa di tarik kesimpulan bahwa Epistimologi adalah ilmu yang menekankan hakikat tentang pengetahuan yang bersifat sistematis, koheren dan konsisten. Di dalam pendidikan pengembangan ilmu sangat di tekankan secara produktif dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran.

AXIOLOGY PENDIDIKAN

AXIOLOGY berasal dari bahasa yunani yaitu AXIOS yang berarti nilai dan Logos yang yaitu berarti ilmu. Axiologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari tentang hakikat nilai ilmu yang terkandung dalam pendidikan. Axsiologi di dalam penilaiannya meliputi dua hal yaitu Etika dan Estetika. Axiologi mempelajari tentang manfaat apa yang di peroleh dari ilmu pengetahuaan itu. Contoh implemintasi Axiologi dalam pendidikan yaitu dengan adanya mata pelajaran pendidikan Agama yang mengajarkan mengenai hubungan dirinya dengan sang pencipta.

Sekian dari saya semoga manfaat dan barokah...

#pendidikangardaterdepandalamsebuahnegaramaju

VIDEO PILIHAN