Mohon tunggu...
Shintia Puji Utami
Shintia Puji Utami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Statistika Universitas Airlangga

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Keunggulan Platform Merdeka Mengajar demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka

19 Maret 2023   15:59 Diperbarui: 19 Maret 2023   16:02 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan bagian penting dari pembangunan suatu negara. Pendidikan yang berkualitas  membantu mengembangkan potensi anak sebagai generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, diperlukan suatu kurikulum yang dapat memfasilitasi proses belajar mengajar dengan baik dan efektif. 

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu kurikulum yang  sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia. Tujuan kurikulum ini adalah memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih materi pembelajaran dan metode pengajaran. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan karakter siswa yang diintegrasikan ke dalam kurikulum nasional. 

Merdeka Mengajar adalah sebuah platform yang mendukung implementasi kurikulum Merdeka. Forum ini merupakan forum dimana para guru dapat saling bertukar pengalaman, ide dan inovasi metode pembelajaran. Dengan bantuan Merdeka Mengajar, guru dapat memperluas cakupan pembelajarannya baik secara geografis maupun melalui lingkungan yang berbeda. Merdeka Mengajar menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu  guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Fitur-fitur ini meliputi:

1.  Ruang Kelas Virtual

Merdeka Mengajar menawarkan ruang kelas virtual yang memungkinkan guru  berinteraksi dengan siswa secara online. Di kelas virtual ini, guru dapat memberikan materi pelajaran, tugas, dan tes kepada siswa. Selain itu, siswa  dapat berinteraksi dengan guru dan teman sekelas melalui forum diskusi. 

2. Akses materi pembelajaran

Merdeka Mengajar menyediakan akses ke berbagai materi pembelajaran yang terintegrasi ke dalam kurikulum Merdeka. Materi ini dikembangkan oleh  guru yang berpengalaman dan ahli pendidikan. Selain itu, platform ini juga menyediakan berbagai karya referensi dan buku pelajaran. 

3. Pelatihan dan Konsultasi

Merdeka Mengajar menawarkan pelatihan dan saran kepada  guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajarannya. Kursus pelatihan dan konsultasi ini diselenggarakan oleh para ahli pelatihan yang berpengalaman dan terkait dengan kurikulum tertentu. 

Dengan bantuan kurikulum Merdeka dan platform  pembelajaran Merdeka, belajar di Indonesia seharusnya menjadi lebih kompeten dan inovatif. Guru dapat memilih bahan pembelajaran dan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kondisi lingkungan belajar. Selain itu, siswa  dapat memiliki pengalaman belajar yang lebih luas dengan menggunakan berbagai sumber materi dan berinteraksi dengan guru dan teman sekelas. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun