Mohon tunggu...
Shinta AdellyaNur
Shinta AdellyaNur Mohon Tunggu... Novelis - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tips Mengurangi Stres dan Mengelola Emosi di Lingkungan Kerja yang Kompetitif

27 Juni 2022   01:22 Diperbarui: 27 Juni 2022   01:46 84 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam dunia kerja tentunya setiap perusahaan menginginkan karyawannya bekerja dengan maksimal untuk dapat melayani pelanggan dengan baik. 

Oleh karena itu, perusahaan dapat memberikan bonus atau gaji lebih untuk karyawan yang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Sehingga hal tersebut menjadi suatu anggapan bahwa faktor utama yang mempengaruhi kepuasan karyawan adalah gaji lebih atau bonus. Namun ternyata hal tersebut tidak cukup mampu membuat karyawan merasa puas atas kerja keras yang dilakukan. 

Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan karyawan, diantaranya kesesuaian pekerjaan, kebijakan organisasi termasuk kesempatan untuk berkembang, lingkungan kerja dan perilaku atasan jika itu semua tidak berjalan dengan baik akan menimbulkan tekanan.

Tekanan yang diberikan untuk karyawan bukanlah suatu hal baik yang dapat terus dilakukan oleh setiap perusahaan pada karyawannya. Hal tersebut mampu membuat karyawan merasa stres, emosi, bahkan tidak nyaman dengan dunia kerja, sehingga tugas yang diberikan tidak mampu diselesaikan dengan maksimal yang tentunya menghambat berkembangnya perusahaan. 

Apabila tekanan terus berlanjut, maka akan timbul stres dan emosi pada karyawan sehingga mereka menganggap bahwa tempat kerja tersebut tidak layak karena waktu kerja yang sempit dan tuntutan yang banyak hanya untuk berusaha bersaing tetapi tidak memikirkan kesejahteraan karyawannya. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengenali dan memikirkan dampak negatif apabila stres dan emosi dapat timbul pada karyawan. 

Tanpa disangka, stres yang terus berlanjut akan memiliki dampak negatif pada perkembangan emosional, karena emosi mempengaruhi pikiran dan perilaku di tempat kerja. Stres didefinisikan sebagai tekanan atau ketegangan yang dihadapi seseorang dan mempengaruhi emosi, pikiran, serta kondisi keseluruhan dari orang tersebut. 

Stres yang muncul di lingkungan kerja disebut sebagai stres kerja. Kondisi ini dapat timbul setelah karyawan mengalami peristiwa di tempat kerja yang menuntut reaksi penyesuaian diri. Sedangkan emosi dapat didefinisikan sebagai reaksi terhadap situasi tertentu oleh tubuh. Oleh karena itu, perlu kenali gejala ketika karyawan sudah merasa stres dengan pekerjaan, yaitu :

  1. Sulit berkonsentrasi

  2. Mudah frustasi

  3. sering merasa lelah dan sakit

  4. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Worklife Selengkapnya
    Lihat Worklife Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan