Gamification adalah penerapan elemen dan prinsip desain permainan, seperti poin, lencana, dan papan peringkat, ke konteks non-permainan untuk meningkatkan keterlibatan dan memotivasi perilaku tertentu. Pembelajaran berbasis game merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan yang memanfaatkan unsur-unsur permainan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Banyak pembelajaran pada saat ini yang cenderung monoton dan kurang interaktif. Akibatnya siswa menjadi cepat bosan dan kurang fokus. maka pembelajaran berbasis game ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah itu, karena dapat meningkatkan pengalaman yang menyenangkan, interaktif, dan dapat mengembangkan keterampilan siswa. Game membuat siswa merasa tertantang, termotivasi, dan ingin terus mencoba.Â
Penelitian di bidang sains dan matematika menemukan bahwa game dapat membantu siswa memahami konsep yang abstrak dengan cara yang lebih menyenangkan. Temuan-temuan ini memperlihatkan bahwa pendekatan berbasis game tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar. Dengan cara ini, guru bisa mengubah materi yang sulit menjadi permainan yang seru dan interaktif. Tetapi ketika ingin menggunakan metode ini guru juga harus memperhatikan apakah permainan yang akan digunakan sesuai dengan materi yang akan diajarkan.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI