Mohon tunggu...
Sherly Ardi Vantono
Sherly Ardi Vantono Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Sharing is Caring

Public Health of University of Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Peran Ibu dalam Menjaga Nutrisi Si Adik pada Masa Pandemi Covid-19

8 September 2020   16:30 Diperbarui: 8 September 2020   16:54 141 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Ibu dalam Menjaga Nutrisi Si Adik pada Masa Pandemi Covid-19
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pandemi COVID 19 menjadi bagian dari tantangan keluarga Indonesia. Banyak keluarga yang mulai merasakan dampak dari terjadinya pandemic COVID-19 antara lain kehilangan pekerjaan, menurunnya pendapatan keluarga, menurunnya tingkat daya beli kebutuhan primer keluarga, berubahnya jadwal bekerja, sulitnya melakukan kunjungan kesehatan balita, berubahnya jadwal sekolah anak, dan lain-lain. Perubahan ini membutuhkan hati yang besar dari para orangtua untuk menerimanya dan kreativitas untuk menanganinya.

Ibu yang masih memiliki anak usia dibawah 2 tahun akan lebih berperan dalam menjaga kesehatan si Adik. Usia anak dibawah 2 tahun merupakan masa keemasannya untuk bertumbuh optimal karena perkembangan otak si Adik sangatlah cepat di masa ini. 

Nutrisi lengkap untuk anak pada usia pertumbuhan ini tentu sangatlah penting untuk mencegah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya. 

Sang Ibu harus memberikan tanggung jawab dalam mempertahankan gizi terbaik bagi baduta nya (BAyi dibawah DUa TAhun) apalagi dengan adanya masa PSBB (social distancing) yang membatasi kunjungan ke Puskesmas/tenaga kesehatan selama pandemi.

Apa saja sebenarnya peran ibu dalam menjaga nutrisi Baduta?

1. Ibu sebaiknya melanjutkan pemberian ASI pada si Adik hingga usia 2 tahun

Bagi Ibu yang masih bisa melanjutkan pemberian ASI hingga anak berusia 2 tahun akan membantu si Kecil dalam memenuhi asupan gizinya. ASI dari ibu memiliki nilai gizi yang sangat cocok dan bernilai baginya. 

Bayi usia 0-6 bulan memerlukan ASI Eksklusif, yang berarti ASI saja tanpa tambahan makanan/minuman lain sudah memenuhi kebutuhan gizi si Adik. Selanjutnya, pada bayi usia 6-23 bulan, ASI masih saja diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, hanya saja sudah harus dibantu dengan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI).

2. Pemberian MP-ASI bernutrisi

MP-ASI akan membantu ibu dalam memenuhi gizi si Kecil yaitu dengan padat energy, protein, dan zat gizi mikro (zat besi, zink, kalsium, Vit A, Vit C, dan folat), tidak berbumbu tajam, tidak menggunakan gula, garam, dan penyedap rasa/pewarna/pengawet, mudah ditelan, dan disukai anak. 

Biasanya kenalkan menu 4 bintang pada si Adik yaitu, sayur-sayuran/buah-buahan, karbohidrat, protein hewani, dan protein nabati. Menu ini merupakan menu dengan jenis makanan yang seimbang bagi kebutuhan nutrisinya. MP-ASI ini harus diberikan secara konsisten sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari si Adik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan