Mohon tunggu...
sherly amelya
sherly amelya Mohon Tunggu... Mahasiswa - i am human

Haiiii

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pembelajaran TPQ Mmba'ul Ulum

30 September 2022   05:46 Diperbarui: 30 September 2022   05:52 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taman Pendidikan Al - Qur'an adalah lembaga pendidikan luar sekolah (nonformal) , jenis keagaaman yang mempunyai muatan pengajarannya lebih menekankan aspek keagaaman dengan mengacu pada sumber utamanya, yaitu Al- QUr'an dan As- sunnah. 

Hal ini disesuaikan dengan taraf perkembangan anak, yaitu untuk kelompok Taman Kanak - Kanak Al-Qur'an untuk anak usia 4 - 6 tahun, sedangkan TPQ untuk anak usia 7-12 tahun . 

Dengan demikian, porsi pengajaran tertentu yang kurang memungkinkan dapat tercapai secara tuntas melalui pendidikan sekolah formal, doa - doa harian, penanaman aqidah akhlak dan sejenisnya . 

Keberadaan TPQ dalam sisi yang lebih operasional lagi dapat dikatakan sangat mendukung dalam rangka memberikan dukungan  nyata atas keputusan pemerintah tentang pentingnya pengetasan buta aksara dan buta makna al-qur'an dalam kehidupan sehari-hari .  

TPQ sebagai lembaga pendidikan seharusnya dapat menjadi sarana efektif bagi terciptanya pemahaman yang kritis dan kreatif menjadi tempat bagi anak didiknya dalam upaya pembagunan dan penggarahan potensinya agar mampu menjadi generasi mandiri.

Desa Panggungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang memiliki lembaga pendidikan dasar  bagi anak yang bergerak dalam pendidikan al-qur'an yaitu TPQ Mambaul Ulum. 

TPQ Mambaul Ulum dalam perkembangannya menunjukkan kemajuan yang sangat pesat telah mampu menjadi Taman Pendidikan Al - qur'an yang sistem pengolahannya seperti Sekolah Dasar. 

Kepercayaan masyarakat terhadap TPQ Mambaul Ulum dibuktikan dengan semakin banyaknya siswa yang belajar disana, bahkan banyak yang berasal dari luar desa Panggungrejo. 

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di TPQ Mambaul Ulum dilaksanakan setiap hari kecuali hari minggu, masing - masing santri dikelompokkan menurut jenjang pengetahuan dan usia. di TPQ Mambaul Ulum dibedakan menjadi beberapa kelas. 

Kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang PMM kelompok 52 gelombang 9 mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala TPQ Mambaul Ulum dan para ustadzah yang telah meberikan kami kesempatan dan harapan kedepannya untuk masyarakat desa 

Panggungrejo kec Kepanjen Kab Malang hendaknya terus mendukung program pendidikan yang ada di TPQ Mambaul Ulum yang telah mempercayakan putra putri untuk di didik di lembaga ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun