Mohon tunggu...
Sheril Pattasya
Sheril Pattasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

ã…¤

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Manajer dalam Pengambilan Keputusan dengan Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Budaya Organisasi dalam Skala Global

28 Maret 2024   16:09 Diperbarui: 28 Maret 2024   16:10 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengambilan keputusan merupakan tanggungjawab manajer dalam suatu perusahaan. Oleh sebab itu, para manajer dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang baik, pemahaman yang mendalam terhadap lingkungan internal dan eksternal organisasi, serta keberanian dalam mengambil keputusan. Mereka juga dituntut untuk dapat mengelola risiko dengan bijaksana, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, dan mampu beradaptasi dengan cepat.

Proses pengambilan keputusan dibagi menjadi delapan langkah. Dimulai dari mengidentifikasi masalah yang dihadapi, lalu mengidentifikasi kriteria keputusan, dilanjut dengan mengalokasikan bobot permasalahan pada kriteria, mengembangkan alternatif, menganalisa alternatif, memilih sebuah alternatif, mengimplementasikan alternatif, dan yang terakhir mengevaluasi kefektivitasan keputusan yang telah diambil.

Dalam pengambilan keputusan, tentunya ada berbagai masalah dan tantangan dari lingkungan eksternal maupun budaya organisasi. Tantangan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari perubahan teknologi dan persaingan pasar hingga diversitas budaya dan nilai-nilai organisasi. 

Maka dari itu, yang harus dilakukan seorang manajer dalam menghadapi masalah ini adalah menganalisa lingkungan eksternal untuk memahami dampaknya terhadap organisasi. Lalu, membangun komunikasi yang baik dengan stakeholder untuk memahami perspektif yang berbeda-beda. Selanjutnya melakukan monitoring secara terus-menerus terhadap implementasi keputusan untuk mengidentifikasi apakah keputusan tersebut efektif untuk dijalankan.

Manajer yang bekerja dalam lingkungan global harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar global di berbagai negara atau wilayah, mendiversifikasi bisnis dan sumber daya, mengidentifikasi risiko potensial, membangun budaya organisasi yang inklusif dan menghargai keragaman, membentuk kemitraan dan aliansi strategis dengan perusahaan atau organisasi lokal, dan memiliki fleksibilitas dan adaptibilitas untuk menyesuaikan strategi dan taktik bisnis.

Kunci sukses dalam mengelola kompleksitas bisnis adalah memiliki kemampuan analisis yang kuat, pemahaman yang mendalam terhadap dinamika organisasi, dan keberanian untuk bertindak. Manajer juga harus dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi, persaingan pasar, serta mengelola dan memahami diversitas budaya di dalam organisasi. 

Di era global, penting bagi manajer untuk memahami pasar global, membentuk kemitraan strategis, dan mengelola risiko dengan cermat. Dengan menjalankan peran mereka secara efektif, manajer dapat membantu perusahaan tetap relevan dan bersaing dalam lingkungan bisnis yang kompleks dan dinamis.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun