Mohon tunggu...
PMM UMM KALIBOTO
PMM UMM KALIBOTO Mohon Tunggu... PMM UMM KALIBOTO

PENGABDIAN MASYARAKAT OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa PMM UMM Memberikan Inovasi Smart Farming di Desa Kaliboto Blitar

15 September 2020   19:23 Diperbarui: 15 September 2020   19:32 36 0 0 Mohon Tunggu...

Untuk menggantikan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang terhambat karena covid-19, maka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Kelompok PMM yang beranggotakan lima orang yaitu Shendy, Meiftria, Gardika, Galan dan Hasan. Mereka melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian di Desa Kaliboto yang di dampingi oleh dosen pembimbing Bapak Muhammad Syaifuddin.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni memberikan inovasi baru kepada masyarakat Kaliboto untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Kaliboto yaitu di bidang Pertanian, Mahasiswa PMM UMM mengembangkan usaha pertanian melalui edukasi smart farming untuk meningkatkan usaha tani di Desa Kaliboto tersebut yang di karenakan teknologi sekarang yang semakin canggih.

Shendy selaku ketua koordinator kelompok “kami menggunakan smart farming untuk penerapan teknologi untuk di gunakan di bidang usaha tani karena pertanian harus semakin maju, menurut kelompok kami, penerapan ini akan sangat berguna di masa depan karena dapat dijadikan referensi oleh penggiat tech start up di tanah air” ujarnya.

Mahasiswa PMM UMM sangat berharap dengan memberikan inovasi untuk mengembangkan pertanian di Desa Kaliboto karena akan dapat membantu perekonomian Masyarakat untuk membuat para petani di Desa ini menjadi icon untuk para petani di Desa lain.

Galan selaku Mahasiswa yang tinggal di Desa Kaliboto “menurut kelompok kami, cara smart farming ini sangat menjanjikan, karena dengan smart farming kita bisa menerapkan atau memprediksi hasil panen, bisa melihat manajemen resiko, dan juga keamanan pangan dan pencegahan hama” ungkapnya.

Kartono sebagai kepala desa Kaliboto “saya sangat mendukung sekali program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UMM ini, karena selain bisa menginovasi para petani, juga membuat kemajuan untuk petani-petani di Desa Kaliboto ini” ungkapnya.

Sugiarto selaku petani di Desa Kaliboto “saya sangat terbantu dengan adanya program smart farming ini, karena dengan hal ini saya dan para petani lainnya tidak ketinggalan zaman di Era sekarang ini” ujarnya.

VIDEO PILIHAN