Mohon tunggu...
Sheila Kartika
Sheila Kartika Mohon Tunggu...

seorang perempuan yang mengaku sebagai bocah petualang, tertarik dengan media massa, media sosial, dan lingkungan.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Rafting di Ciberang Awal 2011

7 Februari 2011   17:28 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:49 675 0 0 Mohon Tunggu...

Hei ho! Kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman liburan rafting di 1 Januari 2011. Udah lama sih raftingnya tapi baru sempet nge-post sekarang. Bermula dari ajakan teman, awalnya saya mengira ia mengajak rafting di Citarik, Sukabumi. Ternyata tidak, dia mengajak untuk berarung jeram di Sungai Ciberang. Karena  sudah semangat mendengar kata rafting langsung saja tanpa pikir panjang saya langsung jawab"OK!" Padahal saya sama sekali ga  ada ide dimanakah Sungai Ciberang itu. Usut punya usut ternyata lokasinya ada di Tangerang. Untuk menuju kesana bisa lewat Bogor, masuk tol dan keluar di pintu Lingkar Luar Bogor lurus terus ke jalan baru sampe mentok, belok kanan ke arah IPB Dramaga. Dari situ yaudah ikutan aja jalan gede yang berkelok-kelok sampe nanti akhirnya ketemu ada pemandian air panas trus ga lama kemudian ada pertigaan. Di tengah pertigaan ada tiang dan ada penunjuk jalannya, ke kiri "Tempat arung jeram" that's it gitu doang keterangannya di papan kecil. Dari Bogor ternyata ada bis jurusan Bogor-Rangkas yang lewat situ tapi cuma sampe pertigaan. Dari pertigaan belok kiri masuk ke dalem masih agak jauh dan ga ada angkutan umum cuma ada ojek. Saya dan teman-teman total pas 10 orang. Karena kami berangkat kesiangan, jam 4 kurang kami baru tiba di lokasi. Langsung ganti baju kilat dan siap-siap pasang pelampung dan helm. Cuaca agak mendung mendukung. Karena jumlah orang yang pas jadilah kami terpisah di dua perahu, satu perahu lima orang. Perahu kita didampingi dua pemandu, satu perahu lainnya cuma didampingi satu pemandu karena salah seorang temen yang ikut rafting mau latian jadi pemandu juga, jadi semacam tes skill-nya dia. Setelah kursus kilat dari sang pemandu, akhirnya kami mulai melaju. Ini pertama kalinya saya rafting. Awalnya agak deg-degan karena saya gabisa berenang (padahal udah pake pelampung tapi tetep aja deg-degan). Ternyata deg-degan saya ada alasannya karenaaa... ah entar aja deh ceritanya sekalian urut (sok-sok bikin penasaran). Beberapa kali kami mendayung dan melewati jeram yang seru. Di kiri kanan sungai masih banyak pepohonan rindang dan di beberapa titik ada pemukiman penduduk. Di beberapa titik banyak batu-batu besar. Udah mulai tenang dan lagi asik ngedayung tiba-tiba pemandangan gaenak di depan. "Nah loh, sungainya kepotong gitu mau lanjut ga nih." si pemandu nakut-nakutin kita. Ternyata di depan ada bendungan. Huaaa, deg-degan. Kita berhenti dulu sebentar di pinggir. Si pemandu turun dan mengecek kondisi sungai. Karena kita berhenti, jadilah perahu satunya yang terjun duluan. "Huaaaaaaa!" yang di perahu pertama pada teriak. "Sialan! Tau gitu kita duluan yang turun biar gak jiper gini." kata Didit. Hahahahaha, jadilah kita makin deg-degan. Akhirnya waktu yang ditunggu tiba. Makin deket ke bendungan makin deg-degan. Semakin dekat semakin dekat... dan ... akhirnyaaa... (*efek suara jeng jeng)"Huaaaaaaaa!" kita teriak sambil mengangkat dayung. SERU! Rasanya kaya naek wahana di Dufan, ah lebih seru ini malah soalnya ada cipratan-cipratan air yang kena muka gitu. Pengen lagi sebenernya, tapi karena perahunya ga mungkin nanjak lagi ke atas bendungan yaudahlah pasrah ngedayung lagi. Udah asik-asik nih ngelewatin beberapa jeram dan basah-basahan, eh beneran aje si pemandu iseng. Awalnya dia ngasih kode sama temennya satu lagi. Temennya itu di perahu bagian depan. Pemandu utama di bagian belakang. Btw, pemandu yang di depan itu masih berapa belas taun tapi udah jadi atlet arung jeram. Ckckckck. Back to the topic! Si pemandu ngasih kode sama temennya buat balikin perahunya. Untungnya temennya ga engeh malah kita-kita yang nyadar, "Aaaah Mas mau dibalikin ya perahunya. Jangaaan dong!" Hahahaha, kegep gitu si Masnya kurang ahli maen kode-kodean dia. Tapi kayanya si Mas pantang menyerah dan tak mau kalah. Bener aje, pas di salah satu jeram perahu agak miring dan yak! Dia jatoh atau lompat menjatuhkan diri tepatnya dan tangannya dengan cepat dan sigap narik pelampung saya. Ikut jatohlah saya ke sungai. Buuurrr! Awalnya sempet panik meskipun udah pake pelampung juga. Badan saya sempet kebalik ga searah sama arus sungai dan perahu lumayan jauh di depan. Pantatpun jadi korban ciuman sama batu-batu sungai. Huhuhuuu! :( Akhirnya ga berapa lama, perahu berhenti di depan buat menyambut kembali saya ke atas perahu. Cuman susah juga naeknya, celana saya mau kedodoran kebawa arus. Hahahaha. Bukannya ngangkat badan dan mijakin kaki di dasar sungai, saya malah panik takut celana melorot dan jadilah Didit ngangkat saya dengan susah payah. Hihihihi, tengkyu ya Dit. Lanjut! Ternyata ada bendungan lagi di depan. Pemandangan sebelum bendungan kedua ini lebih seru. Ada yang lagi ritual buang hajat, ada juga ibu-ibu lagi mandi dan bertelanjang dada. Yang cowok pada mesam mesem aje. :p Bendungan kedua ternyata lebih seru. Nah untungnya kali ini si pemandu turun dan sempet ngeluarin kamera, jadi kita sempet foto-foto bernarsis ria deh. Bendungannya ada perosotannya. Seperti inilah rupa perosotannya! Dan ini foto kita lagi maen perosotannya! Maap potonya rada gelap, males ngedit lagi. Hehe :p

Setelah lewat bendungan kedua, ada satu jeram terakhir namanya jeram goodbye. Setelah lewat jeram itu akhirnya titik finish udah keliatan dan mas-masnya tetep kekeuh buat balikin perahu. Perahu di depan udah kebalik dan pas perahu kita mau dibalikin malah kita pada ngotot ogah. Pemandu nyuruh kita pindah ke kanan, kita malah ke kiri. Akhirnya ada salah satu temen yang malah "bunuh diri" nyemplung ke sungai duluan. Hahahaha. Saya udah telanjur basah semua juga sih jadi ya sama aja dah mau perahu kebalik apa ga.  Akhir kata pengalaman pertama rafting, mengawali  2011 sangat berkesan terutama untuk pantat tepos saya yang jadi biru-biru dicium batu Sungai Ciberang!
Angkat sekali lagi dayungmu kawan!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x