Mohon tunggu...
Shefa Hannysa Nur Hafsyah
Shefa Hannysa Nur Hafsyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Shefa Hannysa Nur Hafsyah

Shefa Hannysa Nur Hafsyah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Tips agar Anak Merasa Nyaman Belajar dari Rumah

27 Juli 2021   19:00 Diperbarui: 27 Juli 2021   18:59 39 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Tips agar Anak Merasa Nyaman Belajar dari Rumah
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin 3M yang salah satunya ialah menjaga jarak, dengan menjauhi kerumunan atau tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Banyak aktivitas yang berpindah tempat menjadi aktivitas yang harus dilakukan di rumah. Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020, Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work  from  home) bagi guru. Pendidikan di Indonesia tentu saja melihat kondisi ini sebagai hal  yang  tak terduga, guru, orang tua, dan anak-anak diharuskan mencari cara agar proses pembelajaran tetap berjalan agar perkembangan anak tetap optimal.

Peran orangtua menjadi sangat penting  ketika  anak  mulai  bersekolah  dari rumah, karena orang tua atau keluarga pada dasarnya adalah tempat pendidikan yang pertama bagi anak. Oleh karena itu orang tua perlu membuat suasana pembelajaran yang nyaman agar anak dapat melakukan kegiatan belajar di rumah. Terkadang orang tua kesulitan dalam mendampingi anak di rumah sehingga pembelajaran yang dilakukan kurang nyaman untuk anak.

Bagaimana cara agar anak merasa nyaman selama belajar dari rumah?


1. Berikan Pemahaman kepada anak

  • Ada situasi wabah corona

Berilah pemahaman kepada anak bahwa terdapat situasi dimana wabah corona sedang menyebar agar anak paham mengapa harus berada di dalam rumah. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah anak bermain keluar rumah.

  • Mengapa anak perlu belajar di rumah

Pada awalnya anak akan merasa kurang nyaman dengan perubahan situasi belajar di rumah dan kemungkinan akan selalu bertanya mengenai kapan waktu untuk pergi ke sekolah, disini orangtua dapat memberikan pemahaman mengenai alasan perpindahan aktivitas pendidikan anak disekolah menjadi aktivitas yang harus dilakukan di rumah.

  • Bagaimana mencegah agar wabah tidak menyebar

Berilah pemahaman tentang pencegahan penyebaran covid 19 kepada anak dan siapkan hal-hal yang dapat mencegah virus covid 19 masuk kedalam rumah. Orangtua harus selalu mengingatkan anak untuk menjaga tubuh dan pakaian anak agar tetap bersih dan ajaklah anak untuk melakukan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi dan olahraga.

2. Manfaatkan Media Belajar Online

  • Vidio, foto dan internet

Untuk melakukan pembelajaran dari rumah orang tua tidak perlu khawatir karena Pemerintah melalui Kemendikbud telah bekerja sama dengan beberapa situs pendidikan resmi dan kredibel yang mendukung pembelajaran daring secara gratis selama pandemi. Dalam pembelajaran di rumah orang tua bisa menggunakan media seperti video, foto dan internet untuk mencari bahan pembelajaran.

3. Bersanding dengan anak

  • Membantu anak memahami pelajaran

Orangtua adalah guru bagi anak dirumah, oleh karena itu membantu anak memahami pelajaran adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Dalam hal ini orangtua dapat bekerjasama dengan guru mengenai pembelajaran yang dilakukan oleh anak.

  • Melakukan aktivitas bersama dengan anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN