Mohon tunggu...
Shafira W Prahesty
Shafira W Prahesty Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hallo✨

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sosialisasi dan Edukasi Terkait dengan Covid-19 kepada Masyarakat

12 Agustus 2020   22:40 Diperbarui: 12 Agustus 2020   22:45 22 0 0 Mohon Tunggu...

Walikukun (3/8/20), Dengan terus meningkatnya penularan Virus Covid-19 atau biasa disebut dengan Virus Corona di Indonesia, mengindikasikan bahwa potensi penularan masih terus berlangsung. Penyebaran Virus Covid-19 ini menyebabkan permasalahan yang rumit pada seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Segala aspek kehidupan manusia telah terganggu akibat adanya pandemi Virus Covid-19 ini.

Saya Shafira Wahyu Prahesty mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta ikut serta berkontribusi dalam rangka mengedukasi dan mensosialisasikan terkait dengan Virus Covid-19 kepada masyarakat. Sebab masyarakat masih sangat perlu mendapatkan edukasi bagaimana cara untuk mencegah terjadinya penularan Virus Covid-19. Kegiatan ini dilakukan karena masih banyaknya masyarakat yang tidak patuh kepada protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sosialisasi dan edukasi terkait Virus Covid-19 yang saya selenggarakan ini berlokasi di Desa/Kelurahan Walikukun, Widodaren, Ngawi. Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat di Desa Walikukun khususnya RT.02/RW.05. Dalam sosialisasi ini kami tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2020 pukul 13.00 WIB.

Dalam sosialisasi dan edukasi tersebut saya menjelaskan kepada masyarakat apa yang dimaksud dengan Virus Covid-19, gejala umum seperti apa yang dapat menandakan seseorang terinfeksi Virus Covid-19, bagaimana cara penularan dari Virus Covid-19 sampai bagaimana cara pencegahan Virus Covid-19 ini.

Virus Covid-19 dapat menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan lanjut usia), orang dewasa, anak-anak, bayi, ibu hamil serta ibu menyusui, namun efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada golongan lansia. Gejala umum yang dapat menandakan seseorang terinfeksi virus yaitu, demam dengan suhu diatas 38 derajat celcius, mengalami batuk kering dan mengalami sesak napas.

Seseorang dapat tertular Virus Covid-19 melalui berbagai cara, yaitu dengan tidak sengaja terkena percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita Covid-19 batuk ataupun bersin, memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu serta kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19.

Pencegahan Virus Covid-19 dapat melalui berbagai cara, yaitu dengan menerapkan psychal distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, menggunakan masker saat beraktifitas ditempat umum atau keramaian, biasakan untuk rutin mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan handsanitizer yang mengandung alcohol 60%, tutup mulut menggunakan tissue saat bersin atau batuk, hindari kontak langsung dengan penderita Covid-19, jangan menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.

Tidak lupa juga saya mengajarkan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar kepada masyarakat. Sosialiasi dan edukasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang postif bagi masyarakat dan dapat menumbuhkan kesadaran untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x