Mohon tunggu...
Shafira Silvana
Shafira Silvana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Edukasi

KKN TEMATIK-UPI Kampus Purwakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bermain Seru untuk Meningkatkan Gemar Literasi Baca dengan Games Edukasi

25 Agustus 2021   14:30 Diperbarui: 25 Agustus 2021   16:35 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta 2021: “Bermain Seru untuk Meningkatkan Gemar Literasi Baca dengan Games Edukasi”.

Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tematik) gelombang dua yang mengangkat tema "Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional. Kegiatan KKN-T gelombang dua ini berlangsung pada tanggal 20 Agustus 2021 hingga tanggal 20 September 2021. 

Tema tersebut diangkat guna untuk meningkatkan mutu literasi dan didasari oleh permasalahan yang ada serta rendahnya mutu literasi pada masyarakat Indonesia. Menurut kementrian komunikasi dan informatika meski minat baca rendah tapi data wearesocial per Januari 2017 mengungkap orang Indonesia bisa menatap layar gadget. Dikutip dari Tempo.co berdasarkan survei yang dilakukan Pew Research Center, Indonesia berada diurutan ke-24 dan dari 27 negara yang disurvei, dengan jumlah kepemilikan smartphone 66% (usia 18-34 tahun) dan 13% (usia 50 tahun ke atas).

Dengan melihat permasalahan tersebut, maka KKN-T gelombang dua berpartisipasi dalam meningkatkan mutu literasi masyarakat Indonesia dengan mendorong mahasiswa dalam menciptakan suatu program unggulan yang tekait dalam meningkatkan literasi di kalangan masyarakat terutama untuk anak usia dini. 

Literasi sangat penting diterapkan sejak dini agar dapat meningkatkan mutu dan kualitas kalangan pada anak Indonesia. Program literasi ini harus terus berjalan dan ditingkatkan di lingkungan terutama pada pendidikan anak usia dini yang akan berpengaruh besar pada Indonesia dalam mencetak generasi muda yang gemar literasi sejak dini.

KKN-T dilakukan di berbagai kalangan daerah pada seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Salah satunya di PAUD DUFAN Desa Liunggunung-Plered Purwakarta. KKN-T yang dilakukan di PAUD DUFAN Desa Liunggunung-Plered Purwakarta tersebut menerapkan program mengenai games edukasi guna meningkatkan gemar literasi baca anak dalam kegiatan pembelajaran di PAUD. Games edukasi tersebut berisi pembelajaran literasi baca anak tingkat PAUD dengan cara bermain sambil belajar yang menyenangkan.

Adanya pemanfaatan kemajuan teknologi sebagai salah satu media meningkatkan gemar literasi anak menjadi suatu hal yang sangat perhatikan pada program ini. Dengan melihat fakta yang sudah terjadi bahwa anak pada zaman sekarang lebih sering bermain dengan gadget dibandingkan dengan membaca buku. 

Maka dari itu, para orangtua dapat mendampingi putra dan putrinya saat menggunakan gadget yaitu dengan bermain games edukasi sebagai media untuk memahami materi pembelajaran yang menjadi pedoman anak dalam meningkatkan literasi baca pada anak yang sudah diberikan oleh guru.

Hasil akhir yang diharapkan adalah anak dapat lebih memanfaatkan teknologi gadget untuk hal yang lebih bermanfaat dalam pembelajaran yang lebih menyenangkan. Salah satunya dengan memanfaatkan media teknologi dalam menciptakan program games edukasi tersebut yang inovatif dan menyenangkan untuk kalangan anak usia dini. Dengan adanya program yang membuat anak senang dalam pembelajaran literasi maka akan meningkatnya kualitas minat baca pada anak untuk bangsa Indonesia.

Penulis:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun