Mohon tunggu...
Shafa Rizqitha
Shafa Rizqitha Mohon Tunggu... Faculty of Nursing, University of Indonesia

half-time digital painting artist. go check @langitsoremu for some unique totebag!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Problematika Penggunaan Personal Handphone oleh Perawat Saat Bertugas

27 Mei 2019   10:31 Diperbarui: 27 Mei 2019   11:01 0 0 0 Mohon Tunggu...

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, handphone menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi setiap orang. Banyak kebutuhan yang bisa terpenuhi hanya dengan mengaksesnya melalui sebuah handphone

Dalam dunia kesehatan terutama keperawatan, handphone juga menjadi suatu hal yang dapat membantu berjalannya komunikasi antar perawat, atau perawat dengan tenaga kesehatan lain. 

Tentunya hal ini bisa mengefisiensi pekerjaan-pekerjaan perawat dalam hal komunikasi, dokumentasi, atau mencari sumber valid untuk ilmu pengetahuan.

Tetapi dibalik banyaknya hal positif yang didapat dari sebuah penggunaan handphone oleh perawat saat bertugas, hal ini juga menimbulkan sebuah problematika, dimana perawat menggunakan handphone untuk hal-hal diluar kepentingan tugasnya sebagai perawat. 

Penggunaan handphone oleh perawat untuk chatting dengan teman atau keluarga, untuk berbelanja online, atau bahkan untuk selfie telah menjadi kasus yang diperbincangkan oleh masyarakat dan para ahli di bidang keperawatan. 

Hal ini menjadikan adanya dilema etik dan moral dalam penggunaan handphone tersebut, karena di satu sisi memberikan banyak keuntungan, sedangkan di sisi lain, banyak hal-hal negatif yang akan timbul bagi perawat maupun keadaan pasien.

Pengertian etik dan moral merupakan suatu hal yg berbeda. Etik dapat diartikan sebagai standar perilaku moral yang diharapkan dari sebuah kelompok tertentu, dimana standar tersebut dideskripsikan pada kode etik profesional suatu kelompok (Berman, 2016). 

Etik yang menyangkut pada kehidupan atau kesehatan manusia seperti mengenai keputusan melakukan tindakan aborsi dan euthanasia disebut bioetika (Berman, 2016). 

Etika keperawatan dikaitkan dengan hubungan antar masyarakat dengan karakter serta sikap perawat terhadap orang lain (Potter dan Perry, 1997). Etika keperawatan merujuk pada standar etik yang menentukan dan menuntun perawat dalam praktek sehari-hari (Fry, 1994). Sedangkan moral, dapat dikategorikan sebagai sebuah aturan, dimana tindakan yang dilakukan dapat dinilai sebagai hal yang benar atau salah.

Dilansir dari https://online.alvernia.edu artikel dari Alvernia University ini menyebutkan bahwa sebuah survey yang dilakukan pada rumah sakit besar yang tersebar di London menemukan bahwa 53,2% perawat menggunakan handphone mereka untuk membantu dalam kebutuhan klinik dan mereka merasa hal tersebut "sangat berguna" dan "berguna", dan sebagian dari mereka menggunakan medical apps

Menurut saya, tentu hal ini sangat berguna dan membantu pekerjaan seorang perawat, tetapi ada hal negatif yang dapat timbul dari penggunaan medical apps tersebut dalam menyimpan data-data pasien. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3