Mohon tunggu...
Shafa Aura
Shafa Aura Mohon Tunggu... Mahasiswa - 'CUMA BUAT TUGAS'

thanks yourself for saving you

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tips Sekolah Online bagi Para Peserta Didik di Kala Pandemi

2 Agustus 2021   11:20 Diperbarui: 2 Agustus 2021   11:36 49 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Sekolah Online bagi Para Peserta Didik di Kala Pandemi
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di masa pandemi ini sekolah online atau pembelajaran daring merupakan suatu hal yang wajib diikuti dan dilaksanakan setiap harinya, seperti layaknya berangkat sekolah di pagi hari, kali ini para peserta didik dituntut untuk membuka berbagai aplikasi daring di pagi hari dan terus duduk memperhatikan di depan gadgetnya hingga siang bahkan sore hari, belum lagi banyaknya assignment yang diberikan setiap harinya. 

Tetapi tidak perlu khawatir karna ada banyak cara untuk membangkitkan semangat sekolah online/daring ini, beberapa tips sekolah online antara lain adalah, 

  1. Niatkanlah diri untuk belajar

Maksudnya meniatkan diri untuk belajar disini adalah selalu buat mindset tentang diri kamu yang sedang duduk di depan gadget yang kamu gunakan untuk sekolah daring ini sedang dalam tahap selanjutnya untuk menjadi manusia yang lebih keren, yang lebih pintar dan ini adalah salah satu step untuk mencapai impianmu, jangan jadikan sekolah online ini beban, enjoy this moment and you will be sucsess someday. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

2.  Mandi Pagi

Siapa yang sering bangun tidur langsung membuka gadgetnya untuk bergabung di kelas online ? Pasti sebagian dari kalian ya, tapi kalian harus tahu jika kalian memulai hari dengan mandi pagi maka pikiran serta badan akan lebih fresh dan bersemangat, inipun akan berpengaruh pada penerimaan materi pembelajaran, jika kalian fresh dan bersemangat maka kelas online akan berjalan lebih enjoy.

3. Sarapan Sebelum Memulai Aktivitas

Jangan lupa untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut kosong dengan sarapan pagi, selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, sarapan pagipun dapat membuat kalian berkonsentrasi lebih baik dan meningkatkan mood di pagi hari.

4. Buatlah Tempat Sekolah Online Menjadi Tempat yang Nyaman

Buatlah tempat kalian melaksanakan sekolah online menjadi senyaman mungkin, seperti mendekorasi sekitar meja belajar, tempat duduk/ senderan yang nyaman. Melaksanakan sekolah onine di tempat tidur memang nyaman, tapi tidak direkomendasikan untuk dilakukan ya teman-teman, bukannya belajar, nanti kalian malah tertidur.

5. Jauhkan Segala Hal yang Dapat Mengganggu Konsentrasi Belajar

Jauhkan segala hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar saat sekolah online, seperti misalnya hewan peliharaan (kucing, anjing, dsb), gadget lain yang tidak digunakan dalam sekolah online. Konsentrasi! Ayo belajar terlebih dahulu!

6. Jangan Malu Untuk Bertanya

Jika pada saat penjelasan materi yang disampaikan oleh guru ada beberapa hal yang kalian tidak mengerti jangan malu untuk bertanya kepada ibu/bapak guru, teman, orangtua atau bahkan dengan browsing di internet (pastikan dari sumber terpercaya), ingat pepatah 'kalau malu bertanya, sesat di jalan' beranikan diri untuk bertanya ya teman-teman.

7. Buatlah Catatan Semenarik Mungkin

Saat kelas online sedang berlangsung jangan lupa untuk mencatat kembali mater-materi yang telah disampaikan dekorasikan lah sesenang hati kalian, buatlah semenarik mungkin agar kalian ingin membacanya lagi dan lagi, selain untuk dipelajari kembali, catatan catatan ini akan berguna saat akan dilaksanakannya Ujian ujian, untuk dipelajari kembali.

8. Gunakanlah Berbagai Aplikasi atau Platfrom di Internet untuk Membantu Proses Belajar

Berbagai aplikasi dan platfrom di internet sekarang menyediakan banyak sekali informasi dan fitur fitur yang dapat membantu kalian dalam belajar dan melakukan segala sesuatu yang memudahkan dalam konteks 'belajar' seperti misalnya aplikasi Notion, Google Spreadsheet, Google Document, LiveAt Virtual Spaces, Duolinggo dan banyak aplikasi lainnya yang dapat membantu proses belajar, manfaatkanlah kemudahan teknologi untuk membantu kalian dalam sekolah online pada zaman ini.

9.  Beristirahatlah Jika Lelah

Istirahat merupakan suatu hal penting dalam masa pandemi ini, jangan selalu memaksakan diri dalam melakukan segala hal, kalau memang teman-teman capek ataupun lelah dalam melaksanakan sekolah online, beristirahat lah sebentar, jangan selalu push diri teman-teman, biarkan mereka beristirahat. Belajar memang penting tapi sehat lebih penting.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu keberlangsungan sekoah online teman-teman! Selalu semangat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan! Cheers!!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN