Mohon tunggu...
Git Agusti
Git Agusti Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger Cianjur

Suka menulis apapun yang diinginkan untuk ditulis

Selanjutnya

Tutup

Muda

Program Pemberdayaan Masyarakat: Pelatihan Kerajinan Daur Ulang (Part1)

20 November 2017   06:38 Diperbarui: 27 November 2017   08:56 2380 1 0 Mohon Tunggu...


Sejumlah Blogger Cianjur #bloggercianjur yang kece-kece dan 30 peserta dari berbagai kalangan terlihat begitu antusias mengikuti acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 18 Nopember 2017 yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB tersebut. Sebenarnya sih awalnya agak canggung bercampur kaget ketika pertama melangkahkan kaki melewati pintu masuk. 

Itu karena sebagian besar peserta adalah teteh-tetehdan ibu-ibu (nenek-nenek kebetulan gaada yang menjadi peserta, hehehe.... )hanya ada beberapa peserta laki-laki saja dan itu pun dapat dihitung jari. Maklumlah mungkin karena kegiatan ini diprioritaskan untuk kaum ibu sehubungan dengan beberapa ilmu keterampilan yang akan disampaikan. Padahal kalo bapak-bapak pada tau juga ilmu yang akan didapatkan, beuuuuh pasti bejibun mereka minta didaftarkan jadi peserta. Secara atuh kan Bapak-Bapak tidak akan mau kalah sama istrinya. Betul ga bapak-bapak? Hehe.

Kecanggungan berangsur menghilang ketika saya bersama Bapak Iwan (beliau yang menawari saya untuk ikut serta dalam kegiatan ini) mulai memasuki ruangan sambutan hangat dari narasumber maupun peserta begitu terasa. Yaaa seenggaknya itu menjadikan kami peserta yang masuk kategori ganteng-ganteng diantara deretan emak-emak peserta yang cantik-cantik, tring ! (narsis mode on).

Tuh kan ? ngomong apa pula ini ? nanti pemirsa pada kezzzzel dan dan banting gadget karena saya ngomong ngaler ngidul sana sini. Pemirsa udah pada tidak sabar ingin mengetahui kegiatan apa yang mau diikuti. Oke jangan pakai lama lagi, meluncur ke teeekaaape!.

Kegiatan dinamakan Program Pemberdayaan Masyarakat dengan sub tema Pelatihan Kerajinan Daur Ulang.

Terus siapa yang menyelenggarakan ? Hayoooo, ada yang tau ? Nih dikasih tau aja sekalian. Penyelenggara kegiatan ini adalah Alfamart. Iyyyya! Alfamart menggandeng narasumber yang berkompetensi di bidang inovasi pemanfaatan bahan daur ulang yaitu Ibu Leni Mulyani dari Rumah Kreatif Naria mengadakan kegiatan ini berawal dari ide dan gagasan bahwa langkah-langkah pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari hal yang sederhana, mudah, efektif, efisien dan memiliki beragam manfaat bagi masyarakat itu sendiri. 

Terlebih lagi dengan kerentanan timbulnya masalah yang rumit antara masyarakat dan sampah yang dihasilkan dari aktifitasnya. Dengan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi terhadap pemanfaatan bahan plastik sebagai media pembungkus dan kemasan, maka bahan plastik ini akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik karena memiliki masa terurai yang sangat lama.

Sasaran dan prioritas peserta dari pelatihan ini adalah masyarakat yang dianggap memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk dapat berpartisipasi aktif dalam penerapan keterampilan yang didapatkan setelah kegiatan ini. Yups ! perkiraan pemirsa tepat !. Kalangan ibu rumah tangga diharapkan memiliki andil yang lebih besar dalam pendaur ulangan sampah secara kontinyu sebelum sampah atau barang sisa tersebut yang dianggap tidak memiliki manfaat tersebut bermuara di tong sampah.

Kegiatan pelatihan ini bertempat di Gedung Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Cianjur. Lengkapnya beralamat di Jl. Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Nama kegiatan sudah dijelaskan, alasan diselenggarakan sudah dijelaskan, sasaran peserta sudah dijelaskan. Mmm, apa lagi ya?

Oh ya!. Mungkin ada yang ingin mengetahui keterampilan apa yang akan didapatkan setelah para peserta mengikuti kegiatan ini ?.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x