Mohon tunggu...
Setiani
Setiani Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI

Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Hal-hal yang Dilakukan untuk Memulai Bisnis Online yang Sukses

17 Mei 2021   09:23 Diperbarui: 17 Mei 2021   09:25 240 9 0 Mohon Tunggu...

Dalam dunia bisnis, sistem jual beli terbagi menjadi dua yaitu jual beli konvensional dan jual beli secara daring (online). Pada era sekarang ini jual beli secara online lebih digemari oleh masyarakat. Karena saat ini terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini internet menjadi bagian yang terpenting yang merubah berbagai aspek kehidupan manusia seperti pendidikan, kesehatan, sosial, dan juga dunia bisnis. Banyak dampak yang diberikan oleh pesatnya kemajuan teknologi terhadap bisnis di Indonesia. 

Yakni perubahan-perubahan bisnis mulai dari perubahan cara jual beli, perubahan cara menarik minat pembeli, cara promosi dan lain sebagainya. Hal ini tentu merubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja dari biasanya melakukan jual beli konvensional untuk kemudian mulai terbiasa dengan jual beli online.

Melihat pesatnya perkembangan bisnis online tersebut, kita tidak boleh tinggal diam. Ini merupakan peluang emas bagi kita untuk ikut terjun dalam dunia bisnis online. Namun, sebelum terjun langsung ke bisnis online, sebaiknya kita simak terlebih dahulu hal-hal yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis online agar dapat meraih kesuksesan. Simak 5 hal penting yang perlu anda lakukan untuk memulai bisnis online berikut ini.

1. Identifikasi kebutuhan pasar

Pertanyaan besar yang sering diajukan saat awal memulai bisnis online adalah kira-kira aku mau jualan apa ya? Trus nanti laku gak ya? Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut Anda harus melakukan identifikasi kebutuhan pasar untuk dapat mengetahui apa saja permasalahan yang dihadapi pasar.

Mungkin Anda sering kebingungan untuk merinci masalah yang sedang dihadapi pasar. Tidak perlu khawatir karena ada puluhan bahkan ratusan masalah untuk pemenuhan kebutuhan pasar. Jangan terpaku hanya melakukan observasi terhadap diri sendiri. Anda dapat melakukan observasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi pasar melalui media sosial yang Anda miliki. Sehingga pandangan Anda menjadi lebih luas untuk dapat menganalisa dan memberikan solusi dari permsalahan tersebut.

2. Tentukan produk

Dari identifikasi pasar, Anda kemudian dapat menyimpulkan permasalahan apa saja yang dihadapi oleh pasar. Dari sini kita dapat menentukan produk apa yang bisa kita jual sebagai solusi dari permasalahan pasar tersebut.

Menentukan produk yang sedang digemari atau sedang trend di masyarakat. Anda dapat memilih produk-produk yang cenderung awet untuk dipasarkan dalam bisnis online. Misalnya saja produk yang bersifat long time seperti pakaian, produk rumah tangga, dan lain-lain. Hal ini untuk menghindari resiko produk terbuang akibat tidak laku karena kadaluarsa.

3. Manfaatkan sosial media

Walaupun produk yang anda jual adalah produk terbaik dan berkualias. Namun akan menjadi sia-sia bila tidak ada orang yang mengetahuinya. Untuk itu manfaatkanlah akun media sosial Anda sebagai media promosi gratis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x