Mohon tunggu...
UKM Sepakbola Futsal UGM
UKM Sepakbola Futsal UGM Mohon Tunggu... Kajian Strategis UKM Sepakbola dan Futsal Universitas Gadjah Mada

Kajian Tentang Sepakbola dan Futsal yang diinkubasi oleh Direktur Teknik Tim Kajian Strategis UKM Sepakbola dan Futsal UGM. Artikel mengenai bagaaimana sepakbola modern berkembang serta masalah actual yang dihadapi pada industry olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Pak RT Harus Menjadi Agen Pembangunan Sepak Bola dan Futsal Indonesia

21 Maret 2020   21:55 Diperbarui: 22 Maret 2020   14:23 1400 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pak RT Harus Menjadi Agen Pembangunan Sepak Bola dan Futsal Indonesia
dok. UKM Sepakbola dan Futsal UGM


Menurut Permendagri, Rukun tetangga merupakan organisasi masyarakat yang diakui dan dibina oleh pemerintah untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan kegotongroyongan dan kekeluargaan serta untuk membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di desa dan kelurahan. Rukun Tetangga selalu dipimpin oleh Ketua RT yang dipilih oleh warganya.

Pak RT adalah seseorang yang diibaratkan sebagai manusia agung dan besar di lingkungan perumahan kita. Dia adalah bagian dasar pemerintahan yang langsung turun mengurusi kita, pak RT mengurusi dalam hal kependudukan dan masalah administrasi dasar untuk menjadi pelayan langsung pemerintahan di lingkungan kita.

Lalu apa hubungan pak RT dengan agen pembangunan sepakbola dan futsal di Indonesia?

Secara tugasnya sebagai pembina kesejahteraan rakyat sampai ke penyambung lidah rakyat, pak RT diberi kewenangan penuh secara otoritas untuk mengatur warganya serta memberi perubahan di lingkungan untuk kemaslahatan warganya.

Dengan kewenangan itu harus di manfaatkan oleh pak RT sebagai agen perubahan pembangunan sepakbola dan futsal Indonesia.

Dengan segenap wibawa dan karismatiknya di publik sekitar yang magis didapatnya ketika didapuk menjadi ketua maka secara langsung beliau memiliki power penuh atas kuasa pembangunan di komplek atau desanya.

Ketua RT memiliki power yang bersifat agung dan tidak terbantah oleh warganya, bisa dikatakan beliau menjadi penentu hidup matinya penduduk di wilayahnya.

Bagaimana ketua RT dengan powernya bisa menjadi agen pembangunan sepakbola dan futsal Indonesia?

1) Memerintah membangun lapangan bola di lingkungan.

Selalu keluar dari lisan seorang pak RT kepada hansip "tolong adakan gotong royong bebersih lingkungan pada hari minggu ya" tentu saja tanpa tedeng aling-aling hansip langsung bergegas membuat poster dan keliling teriak-teriak untuk menyuruh warga bergotong royong.

Ini bisa diganti pak RT dengan membuat gotong royong untuk membangun lapangan, lapangan tidak selalu harus standar internasional tetapi yang aman dan nyaman untuk dimainkan pemuda setiap sore harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN