Mohon tunggu...
Info Random Berfaedah
Info Random Berfaedah Mohon Tunggu... Penulis - Info Random Berfaedah

1–3 artikel setiap minggunya, tidak selalu relate tapi pasti enak dibaca, follow langsung difollback

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Ngiklan Google Modal 10 Ribu Dapat Apa?

19 Agustus 2021   10:13 Diperbarui: 19 Agustus 2021   10:20 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tentu saja penayangan (impression) dan klik, namun seberapa banyak, lalu mengapa hanya penayangan dan klik, bagaimana dengan konversi atau penjualan yang akan Anda dapatkan dengan 10 ribu tersebut?

Tulisan ini akan membahas secara lengkap semua hal tersebut, ini adalah bacaan lengkap dan ringan untuk Anda yang ingin mulai memanfaatkan Google Ads untuk bisnis Anda.

Baik mari kita mulai, pertama-tama mari membahas apa saja yang dapat dilakukan oleh Google Ads untuk bisnis Anda, Google Ads sendiri adalah platform periklanan multisaluran dari Google.

Artinya Google menawarkan kepada pengiklan untuk mempromosikan bisnisnya di seluruh jaringan milik Google dan partners, yang paling dikenal tentunya adalah Search atau hasil pencarian Google.

Search

Google sendiri merupakan mesin pencari paling populer di dunia, tidak hanya paling populer, Google Search juga menguasai pangsa pasar pencarian internet dengan prosentase sebesar 92,2%, waw! besar sekali ya.


Artinya hampir seluruh orang di dunia menggunakan Google untuk melakukan pencarian di internet, tidak terkecuali untuk kepentingan konsumsi seperti ketika mencari sebuah barang atau jasa.

Sehingga Google Search sendiri menjadi industri yang mendukung bisnis, bersama SEO (Search Engine Optimization), Google Ads atau yang juga sering disebut SEM (Search Engine Marketing).

Itu tadi perkenalan singkat kita dengan Google Search, disamping Search, Google juga masih punya banyak saluran periklanan lain yang bisa dimanfaatkan oleh pengiklan, salah satunya adalah Youtube

Google Display Network (GDN)

Display seringkali berbentuk banner pada sebuah website atau blog, ini merupakan kerjasama antara Google dengan pemilik blog / web dengan mekanisme yang sering disebut adsense, untuk lebih jelas silahkan cek gambar berikut

Dengan demikian Google dapat menampilkan iklan Display sesuai penargetan yang Anda kehendaki sebagai seorang pengiklan, jika Search lebih bersifat "tunggu bola" dengan menunggu konsumen mencari dengan kata kunci tertentu, Display menggunakan metode "jemput bola" dengan mengenali minat audience.

Jika bisnis Anda adalah menjual paket wisata ke luar Negeri, banner Anda mungkin akan dimunculkan di website atau blog yang berkaitan dengan traveling, jika produk Anda adalah perawatan tubuh, blog Anda mungkin akan ditampilkan pada artikel tentang kecantikan, dan seterusnya.

Atau mungkin Anda pernah mengalami, Anda baru saja membuka sebuah website ABC yang produknya Anda minati dan sedang Anda pertimbangkan untuk dibeli, lalu Anda menutup website tersebut dan membuka sebuah blog, dan di blog tersebut terdapat banner dari website ABC?

Selamat Anda telah masuk ke list remarketing dari website ABC, dengan fakta Anda pernah mengunjungi websitenya atau bahkan mengunjungi halaman spesifik produknya, Anda diasumsikan berminat terhadap produk tersebut dan perlu difollow-up agar tetap ingat lalu membeli, dan mungkin Anda juga akan melihat iklannya di Youtube.

Youtube

Ya, jika tidak melihat iklan remarketing di Google Display Network mungkin Anda akan melihatnya di Youtube (disini Anda bahkan mungkin akan melihatnya berulang-ulang), kabar baiknya Anda tidak hanya bisa menjadi "sasaran" namun Anda juga bisa memanfaatkan metode serupa untuk kepentingan bisnis Anda.

Lanjut membahas Youtube, jika Google Search adalah mesin pencarian nomor 1 di dunia, Youtube, walau pada hakikatnya bukanlah mesin pencarian, namun adalah sebuah platform untuk menunggah video adalah "mesin pencari" paling populer nomor 2 di dunia, bagaimana bisa? Mari kita lihat.

Setidaknya sekali tentu Anda pernah mengetikkan frasa "cara...", atau "tutorial..." untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami, mulai dari memperbaiki perabotan sampai membuat makanan. Youtube adalah pustaka tutorial sejuta umat, tidak hanya karena informatif, namun juga lengkap, dan gratis.

Namun bukan itu kekuatan utama Youtube, potensi utama Youtube yang ditawarkan pengiklan adalah jumlah pengguna mencapai xx per hari dengan rata-rata waktu yang dihabiskan sebesar sebesar xx yang bisa dijangkau dengan beragam opsi penempatan iklan dan penargetan relevan yang disediakan oleh Google.

Utamanya jika Anda seorang konten kreator yang ingin memperkenalkan karya Anda secara lebih luas dengan mengjangkau orang-orang yang kiranya bisa menjadi audience potensial Anda, menjaring mereka dengan penempatan iklan Youtube bisa menjadi pilihan tepat.

Gmail

Selain Google Display Network (GDN) dan Youtube, penempatan lain yang memungkinkan Anda melakukan follow-up ke pengunjung website Anda adalah di Gmail, tentunya dengan iklan yang khusus didesain untuk penempatan melalui Email.

Satu hal yang menjadi kelebihan penempatan jenis ini adalah penargetan yang lebih spesifik, opening rate yang lebih menjanjikan, dan yang terakhir adalah kesan yang lebih profesional, meski mudah namun penempatan di email dapat meningkatkan brand awareness Anda.

Google Map

Untuk Anda yang memiliki lokasi fisik untuk bisnis Anda, utamanya ketika Anda melayani kebanyakan konsumen Anda secara offline langsung dari toko fisik Anda dan menginginkan peningkatan, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan penempatan di Google Map.

Misalnya Anda adalah pengusaha restoran atau jasa yang melayani konsumen di tempat seperti salon atau perawatan tubuh lain, bisnis Anda dapat dimunculkan ketika calon konsumen potensial mencari dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda misalnya "restoran terdekat" atau lebih spesifik seperti "restoran ayam geprek".

Selain itu bisnis Anda dapat menjadi top of mind di benak konsumen dan menjadi pilihan pertama di lokasi tertentu, di masa lalu tempat seperti ini idealnya berada di tempat strategis yang banyak dilewati orang, jika properti semacam itu masih terlalu mahal saat ini Anda bisa mulai dengan menjadi strategis di Google Maps.

Google Playstore

Tentunya ini adalah tempat yang akan digunakan pengembang aplikasi untuk mengiklankan aplikasi buatannya, baik agar popularitasnya meningkat atau untuk mendapatkan lebih banyak penginstallan, jika Anda telah membangun sebuah aplikasi yang diperlukan oleh banyak orang, tunggu apalagi, segera daftarkan aplikasi Anda di Google Playstore dan memulai mengiklankannya.

Memulai Beriklan di Google Ads

Kini Anda siap mulai beriklan di Google Ads, namun ada beberapa langkah sebelum iklan Anda siap dilihat oleh calon pelanggan, mulai dari menyiapkan akun iklan hingga membuat materi yang menarik untuk iklan Anda.

Membuat Akun Iklan Google Ads

Untuk membuat akun iklan Anda perlu sebuah Google atau akun Gmail, pastikan perangkat Anda sudah login ke akun Gmail yang ingin digunakan sebagai akun iklan, lalu buka halaman Google Ads atau ketikkan url https://ads.google.com/ di browser Anda dan Anda akan diarahkan ke halaman awal, klik Get Started

Sebelum mulai ada catatan penting yang perlu diperhatikan, ketika pertama kali membuat akun iklan Anda sekaligus akan langsung dipandu untuk membuat Smart Campaign. Smart Campaign adalah iklan yang step by step pembuatannya sudah ditentukan oleh Google, sehingga disini terdapat plus dan minusnya

Plus:
-- Sangat mudah, isi dan klik next sambil ikuti panduan saja dan iklan siap tayang

Minus:
-- Pilihan terbatas
-- Konon pilihan terbatas tersebut memberi hasil yang kurang memuaskan, misalnya kliknya banyak, harga per klik murah, tapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan, misal yang chat sedikit dan yang beli bahkan tidak ada sama sekali.

Sehingga banyak yang setelah itu tidak lagi menggunakan smart campaign dan beralih ke expert mode (teruskan membaca karena akan dijelaskan di bawah) yang memberikan keleluasaan menentukan tujuan dan meraih hasil yang diharapkan.

Jadi mari kita lanjut dengan mengikuti 2 peraturan ini:

Pasal 1 "Isi dulu aja, ngasal gak apa-apa, toh nanti juga gak dipake"

Pasal 2 "Jika bingung kembali ke Pasal 1"

Setelah klik Get Started Anda akan diarahkan ke halaman ini, disinis kita akan memilih Get more website sales or sign-ups

Selanjutnya isi nama bisnis Anda dan klik NEXT

Isikan alamat website Anda dan klik NEXT

Google akan menyajikan preview website Anda, jika Anda belum memiliki website, Anda bebas mengisinya dengan website apapun, Anda belum akan dikenakan biata dan dapat merubahnya kapanpun, setelah selesai silahkan klik NEXT

Disini Anda harus mengisi headline dan description, mari kita isi dan klik NEXT

Biasanya Google akan memberikan rekomendasi, jika tidak, isi apapun dengan topik yang terlintas di pikiran Anda dan klik NEXT

Ini juga bisa langsung di NEXT

Pilih salah satu dan lanjutkan

Nah ini adalah langkah akhir dari proses setting akun iklan, ingat kita hanya sedang mempersiapkan akun iklan, hanya saja dalam prosesnya kita juga sekalian membuat Smart Campaign, silahkan klik NEXT di langkah terakhir ini.

Setelahnya Smart Campaign Anda akan direview seperti ini, klik NEXT untuk melanjutkan

Nah ini adalah bagian yang cukup membingungkan, jadi saya akan membaginya menjadi beberapa step untuk mempermudah Anda memahami dan melewati prosesnya.

a. Di bagian ini Anda cukup memasukkan informasi umum, pilih billing country, zona waktu, kode promo jika Anda memilikinya, dan apakah Anda bersedia menerima email rutin dari Google atau tidak

Dengan asumsi Anda akan menggunakan akun ini dalam jangka panjang sebagai salah satu aset bisnis Anda, isilah informasi berikut sesuai dengan alamat Anda, tidak perlu khawatir tidak akan ada konsekuensi pajak atau hal terkait yang akan dibebankan kepada Anda, Anda bisa mengosongkan bagian yang sifatnya opsional.

Nah ini bagian yang penting, kecuali Anda ingin menggunakan kartu kredit (yang mana paling sering dikeluhkan oleh pengiklan karena rawan suspend tanpa sebab) saya selalu menyarakankan klien untuk memilih pembayaran manual, lalu memilih opsi Money transfer.

Sekali lagi, ini hanya untuk menyelesaikan setup akun Anda, dalam praktiknya saya lebih menyarakankan kartu kredit (namun opsi pembayaran manual bukan otomatis) atau bahkan Gopay, karena opsi Bank Transfer bisa memakan waktu hingga 5 hari kerja untuk saldo bisa masuk.

Setelah selesai akan muncul kotak dialog seperti berikut, Anda bisa klik complete dan lanjut ke step berikutnya.

Klik Explore Your Campaign

Anda bisa lewati dulu bagian ini

Dan selamat, kini akun Anda telah siap dan siap digunakan. Anda telah melewati step pertama untuk beriklan di Google Ads, yaitu memiliki sebuah akun Google Ads, jika Anda bertanya-tanya kenapa status iklannya INACTIVE, itu karena belum ada pembayaran yang dilakukan.

Membuat iklan Google Ads Pertama Anda

Nah, settingan default akun Google Ads menggunakan Smart Mode, sama halnya dengan Smart Campaign, mode ini menawarkan kemudahan dengan fitur terbatas, sehingga kebanyakan pengiklan lebih suka menggantinya dengan Expert Mode (Mode Pakar).

Anda bisa klik Setting kemudian pilih Switch to Expert Mode

Lalu pilih SWITHC TO EXPERT MODE sekali lagi disini

Dan sekarang dashboard Anda telah beralih ke Expert Mode, masih terlihat Smart Campaign yang telah Anda buat sebelumnya, nah sekarang saatnya kita mengexplore fitur dari mode ini.

Kedepan Anda bisa memilih beragam penempatan dan beragam tujuan campaign, namun untuk kali ini sebagai contoh saya akan membuat sebuah iklan pencarian di Google Search, mari kita mulai dengan klik NEW CAMPAIGN

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halama yang kali ini akan saya bagi menjadi 3 bagian, yang pertama adalah bagian Goals, disini Anda dapat memilih beragam tujuan dari iklan

Sales adalah campaign yang ditujukan untuk mendorong penjualan dengan mengkonversi calon pelanggan potensial yang telah menunjukkan minat ke bisnis Anda

Leads adalah campaign yang ditujukan untuk membentuk sebuah list atau database peminat bisnis / produl tertentu berdasarkan kriteria yang Anda tentukan, misalnya sebuah toko sepatu pria dapat membagi leads dalam kategori:
-- Peminat sepatu olahraga
-- Peminat sepatu casual
-- Peminat sepatu kantor

Website Traffic yang akan kita gunakan sebagai contoh nantinya, adalah campaign yang ditujukan untuk mengarahkan traffic / klik ke website tujuan, umumnya adalah dengan menggunakan sebuah kata kunci spesifik yang dianggap relevan dengan bisnis.

Product and brand consideration adalah campaign yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan produk dengan pengenalan fitur-fitur unggulan kepada calon konsumen.

Brand awareness dan reach adalah campaign yang banyak digunakan untuk meningkatkan popularitas merek dengan menjangkau seluas mungkin mungkin target.

App promotion digunakan untuk mempromosikan Aplikasi yang tersedia di Google Playstore

Local store and promotion digunakan untuk mengarahkan calon konsumen ke lokasi toko fisik atau mendorong tindakan dengan adanya promo spesifik di lokasi tersebut.

Nah sekarang mari kita pilih Website traffic dan klik lanjutkan,

Isi url website dimana klik akan diarahkan dan beri nama campaign Anda lalu klik continue

Di bagian ini Anda akan diminta untuk menentukan budget dan bidding dan beberapa pengaturan campaign lain, silahka masukkan budget harian Anda dan mengganti bidding dengan clicks tanpa mengatur jumlah bid manual, biarkan otomatis saja.

Selanjutnya pilih dimana iklan Anda akan ditampikan, disini saya hanya memilih Google Search Network tanpa memilik Display Network

Silahkan tentukan dimana iklan Anda ingin ditayangkan Anda bisa memasukkan seluruh dunia, seluruh Indonesia, atau kota / daerah tertentu saja.

Di bagian bahasa, saya setidaknya selalu memilih Bahasa Indonesia dan English, mengapa demikian? Karena masih banyak orang Indonesia yang pengaturan perangkatnya masih menggunakan bahasa Inggris.

Setelah itu di bagian ini Anda dapat mengisikan keywork yang relate dengan bisnis Anda, cara yang paling mudah adalah mengisikan url web dan memilih kategori usaha di kolom bawahnya, Google akan merekomendasikan daftar kata kunci untuk Anda.

Atau jika Anda ingin mengetahui kira-kira kata kunci apa yang paling banyak dicari terkait dengan bisnis Anda, Anda dapat menggunakan fitur Keyword Planner secara gratis. Masukkan kata kunci apa saja yang muncul di pikiran Anda, jangan lupa masukkan url website Anda dan klik Get Result

Google akan memberikan jumlah volume bulanan dan tingkat kompetisi untuk setiap keyword, juga "harga" untuk setiap kata kunci, kotak biru adalah perkiraan angka minimal yang perlu Anda bayar untuk dapat menggunakan kata kunci tersebut, dan kotak merah adalah penawaran yang membuat Anda dapat unggul dari pengiklan lain yang menggunakan keyword yang sama.

Google juga akan memberikan rekomendasi kata kunci lain yang relate dengan bisnis Anda, lengkap dengan volume, kompetisi, dan harganya masing-masing, dengan begitu Anda dapat memiliki alternatif apabila budget Anda terbatas atau lebih banyak pilihan jika budget Anda cukup besar.

Nah, kita telah masuk bagian terakhir dari proses pembuatan iklan, di bagian ini Anda akan memasukkan copywriting yang nantinya akan dibaca oleh calon pelanggan, jadi sebelum masuk sini saya sarankan Anda melakukan riset kecil.

Riset tersebut harus menjawab kira-kira kalimat seperti apa yang membuat iklan Anda dapat menonjol dari iklan lain dan membuat calon yang melihatnya melakukan klik sehingga CTR (click through ratio) Anda dapat tinggi yang mana itu adalah salah satu indikasi iklan yang efisien.

Sedikit tips dari saya, tulislah seolah Anda berbicara dengan seseorang, bayangkan bagaimana Anda akan meyakinkan mereka untuk mencoba produk Anda, apa masalah yang mereka alami dan dapat produk Anda tawarkan solusinya.

Di bagian kanan akan ada checklist yang memandu Anda, usahakan agar grade Anda minimal berada pada angka Good (Bagus), tenang saja disitu juga akan ada helper text yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan tugas Anda.

Setelah selesai Anda bisa klik continue

Tahap ini optional, namun melengkapi iklan Anda dengan ekstensi selain akan meningkatkan CTR juga akan membuat iklan Anda lebih standout, maka dari itu luangkan waktu Anda untuk menyelesaikannya.

Anda akan diminta mereview iklan Anda sebelum merilisnya, biasanya akan ada beberapa peringatan seperti pengingat setelan konversi atau pengingat bahwa saldo Anda kosong, lewati saja, Anda bisa mengatasinya nanti dan klik Publish Campaign.

Dan campaign Anda telah siap, terlihat campaign baru berada di dashboard bersama campaign lama (Smart Campaign) yang Anda buat sebelumnya ketika melakukan setting akun iklan.

Selamat Anda telah menyelesaikan campaign pertama Anda, dan setelah Anda mengisi saldo dalam beberapa saat iklan Anda akan mulai ditayangkan kepada calon pelanggan potensial.

Luangkan waktu untuk mengecek apakah iklan Anda telah ditanggapi, karena untuk beberapa jenis produk terdapat ketentuan yang membuat iklan Anda dibatasi atau bahkan dilarang sehingga Anda perlu melakukan perbaikan.

Mengecek secara rutin juga penting agar Anda dapat mengoptimasi iklan Anda, optimasi penting untuk memastikan iklan Anda berjalan optimal, Anda tentu tidak mau saldo iklan Anda terbuang sia-sia karena iklan Anda CPC nya terlalu mahal atau konversinya rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun