Mohon tunggu...
SELY HIDAYATI
SELY HIDAYATI Mohon Tunggu... Guru - GURU

HOBI MEMASAK

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kejujuran Diri

8 Desember 2022   15:00 Diperbarui: 8 Desember 2022   15:03 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KEJUJURAN DIRI

jujur adalah suatu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan perkerjaan, baik terhadap dirinya maupun pihak lain. Jujur merupakan suatu karakter moral yang mempunyai sifat-sifat yang positif dan mulia Menurut Mustari (2011 13-15)

Jujur kepada diri sendiri adalah tindakan penuh kesadaran dan keberanian untuk menyadari kondisi diri dan mampu menerimanya dengan baik (. Anda tidak hanya menyadari dan menerima hal-hal positif yang dimiliki. Namun, juga menerima kelemahan, kekurangan, dan ketidaksempurnaan dalam diri Anda. 

Jujur pada diri sendiri membuat kamu menerima semua kekurangan yang ada pada diri kamu. Kamu juga dapat menerima semua perasaan yang kamu rasakan, baik menyenangkan atau tidak. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengenal diri kamu seutuhnya baik luar maupun dalam

Dalam hasil pengamatan observasi baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah banyak temuan yang menerangkan bahwa masih banyak siswa yang kurang menerapkan sikap kejujuran , menccontek pada saat tes, berkata tidak jujur Ketika terlambat , Ketika emiliki masalah tidak mengungkapkan dengan sejujurnya, beberapa siswa sering berbohong kepada orang tua. Hal ini menjadi problem yang harus dicari sebab akibatnya kenapa hal tersebut sering terjadi pada siswa.

Tujuan dari layanan bimbingan konseling itu sendiri adalah membantu siswa dalam menangani masalah sehinga siswa dapat mencapai aspek perkembangannya secara optimal sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan, berperilaku serta terpecahnya masalah masalah yang terjadi pada diri siswa (konseli), mengedepankan agar siswa mampu memahami pengertian dan pentingnya kejujuran hingga dapat mengembangakan kejujuran diri dalam kehidupan sehari hari.

Memahami perilaku dan teknik-teknik konseling pada siswa disekolah merupakan fungsi dari seorang guru bimbingan konseling. Selain itu Fungsi guru bimbingan dan konseling sebagai motivator dan konselor bagi siswa dalam memberikan motivasi untuk semangat belajar dan bertingkah laku sesuai norma dan aturan yang ada, Serta mampu menerapkan kejujuran dimanapun siswa berada.

Pemberian layanan bimbingan konseling dengan Teknik Self Management menjadi salah satu cara yang tepat ketika dalam menangani permasalahan siswa pada seputar kejujuran. Siswa mencari pengertian kejujuran , factor penyebab ketidak jujurannya, manfaat menerapkan sikap jujur, dan menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari hari serta akibat ketidak jujurannya sehingga siswa mampu menemukan solusi , mampu membayangkan situasi rekaan dan mencoba berfikir logis, siswa mampu menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantung pada orang lain dan lingkungan sekitar.

Siswa memecahkan permasalahan yang dialami mampu membentuk  kematangan emosi dan pengembangan pribadi, Teknik self management ini digunakan dengan tujuan untuk siswa Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat. Sehingga setiap berperilaku menerapkan kejujuran .  siswa tidak perlu berbohong dalam berkata sesuatu dan berkata jujur apa adanya. Sehingga siswa dapat diterima dilingkungannya dan mendapatkan kepercayaan dari orang sekitarnya.

Oleh karena itu bahwa kejujuran berperan penting dalam membentuk kematangan emosi dan pengembangan diri dan membentuk individu yang unggul. Sehingga siswa perlu mengerti pentingnya menerapkan kejujuran, dengan kejujuran siswa mampu menjadi pribaddi yang bertanggung jawab dan amanah sebaliknya siswa yang sering berkata tidak jujur akan menghambat potensinya dan kehilangan kepercayaan dari lingkungan sekitarnya. Tanpa kejujuran suasana sekolah dan kelas menjadi kurang kondusif karena kejujuran menciptakan keakraban dan kerukunan dalam pembelajaran.

Peran orangtua menjadi sangat penting dan dibutuhkan untuk membentuk kejujran siswa , kejujuran dimulai dari pembiasaan dan pola asuh orangtua dirumah , sehingga kejujuran penting dilakukan , agar siswa mampu menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari hari dan kelak ketika mereka bekerja selalu senantiasa menerapkan kejujuran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun