Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant, editor.

Selvia Indrayani merupakan salah seorang pengajar di salah satu sekolah di ibu kota. Kegemarannya memasak dan menulis ditekuni sejak masih muda. Berbagai hasil tulisannya dibukukan ke dalam antalogi cerpen dan antalogi puisi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Meningkatkan Skill agar Ramadan Produktif walaupun Pandemi

15 April 2021   17:49 Diperbarui: 15 April 2021   17:51 324 3 0 Mohon Tunggu...

Ramadan tahun ini masih sama seperti tahun lalu. Sama-sama masih dalam kondisi pandemi dan banyak beraktivitas di rumah saja. Walaupun demikian, pasti tetap ada perbedaan kegiatan tahun ini dan tahun lalu. Pastinya, kita sudah lebih berpengalaman daripada tahun lalu bukan?

Menilik pengalaman Ramadan tahun lalu, pasti ada sesuatu yang dapat kita lakukan dan bernilai positif di tahun ini. Berbagai hal dapat kita lakukan untuk meningkatkan skill agar Ramadan tahun ini menjadi produktif.

Pada hakikatnya setiap pribadi ingin berkembang dan menjadi pribadi yang bermanfaat. Pandemi bukanlah halangan untuk dapat mengembangkan diri dan terus produktif. Ada lima skill yang dapat kita tingkatkan agar Ramadan tahun ini tetap produktif walaupun masih di masa pandemi.

1. Memasak

Aktivitas di rumah saja selama pandemi menuntut kreativitas tinggi. Saat bulan Ramadan ini, kreativitas menyusun menu sahur dan buka puasa sangat memengaruhi kesehatan diri. Betapa bahagia jika melihat keluarga lahap menyantap menu yang kita masak dan dapat memberikan tenaga dalam menjalankan puasa.

Jika selama ini masakan di rumah biasa-biasa saja, kini saatnya menunjukkan kemampuan diri kepada keluarga tercinta. Berbagai resep masakan dapat kita peroleh dengan mudah melalui media online. Kita bisa belajar tentang cara memasak atau penyajian. Agar menu tidak monoton, alangkah baiknya jika membuat jadwal menu sahur dan berbuka puasa.

2. Digital

Kondisi pandemi menuntut perubahan gaya hidup. Dapat kita lihat misalnya dengan adanya pembelajaran daring pada anak sekolah. Para pekerja kantoran pun juga mengadakan rapat secara online.

Mau tidak mau, kita harus mengikuti kemajuan teknologi agar tidak tertinggal. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi sangat berperan dan diperlukan untuk dapat bertahan dalam kondisi pandemi. Berbagai kursus online dapat kita ikuti untuk dapat meningkatkan kemampuan digital.

Salah satu contoh misalnya seorang guru yang terbiasa mengajar di papan tulis, sekarang harus berpikir menggunakan media lain agar materi pengajaran dapat diserap dengan baik oleh anak didiknya. 

Salah satu cara misalnya dengan membuat video animasi. Berbagai kelas online yang menawarkan pengajaran membuat video animasi dapat diikuti. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan skill.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN