Lokasi : UPTD SMP Negeri 2 Pemali
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Prosedur
Tanggal Pelaksanaan : 27 Oktober dan 31 Oktober 2022
Situasi:
Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi pelaksanaan praktik pembelajaran inovatif ini.Â
Pertama, rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris karena siswa cukup awam dengan bahasa itu sendiri. Kedua, peserta didik itu secara umum menganggap bahwa bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sangat sulit dipahami. Penyebabnya yaitu peserta didik belum memiliki kosakata yang memadai sehingga peserta didik pun kesulitan memahami bacaan berbahasa inggris. Ketiga, media yang digunakan pada saat proses pembelajaran belum berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content knowledge). Keempat, metode yang diterapkan pun belum sesuai sehingga sulit untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab penulis sebagai guru mata pelajaran bahasa inggris untuk melakukan proses kegiatan pembelajaran secara efektif dengan menggunakan media, metode, dan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan.
Praktik ini penting untuk dibagikan karena praktik ini dapat menjadi referensi bagi guru lain, yakni mengetahui manfaat penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi dan penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Â Penulis berharap semoga praktik ini selain dapat memotivasi diri penulis, juga dapat menjadi bahan referensi bagi teman-teman guru ketika menghadapi permasalahan yang sama
Tantangan:
Berdasarkan hasil analisis kajian literatur dan wawancara, penyebab tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran teks prosedur antara lain,
- Motivasi belajar peserta didik rendah karena dipengaruhi oleh faktor internal seperti (kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar) dan faktor eksternal peserta didik (misalnya, kurangnya perhatian orang tua)
- Peserta didik merasa bahwa materi pembelajaran teks berbahasa inggris khususnya teks prosedur sulit untuk dipahami..
- Sarana/sumber belajar di sekolah  sebagai bahan referensi terbatas.
- Media, model, dan motode pembelajaran yang digunakan belum sesuai, sehingga peserta didik kurang antusias, dan kurang memahami materi yang disampaikan  dalam pembelajaran. Media yang digunakan selama ini masih terbatas pada media visual, dan belum memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi dan didukung dengan pemilihan metode pembelajaran belum sesuai dengan materi yang diajarkan. Metode yang digunakan selama ini hanya terbatas pada metode ceramah, dan diskusi.
Dari penyebab di atas tantangan yang dihadapi guru adalah
- Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui proses belajar yang menyenangkan.
- Menjelaskan materi dan menyajikan materi dengan cara yang menarik.
- Menggunakan media, model, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.