Mohon tunggu...
Seli Ristiana
Seli Ristiana Mohon Tunggu... Freelancer - blogger pribadi dan history

Hai...saya seli seorang blogger pribadi dan suka travelling yang terdiagnosa skleroderma langka sejak tahun 2011 awal,akan menuangkan kisah perjalanan hidup saya yang jatuh bangun hingga bisa hidup berdampingan dengan penyakit langka ini :)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ayo Bangkit, Stabil, dan Sehat Penyintas Autoimun di Indonesia

22 Agustus 2022   14:07 Diperbarui: 22 Agustus 2022   14:44 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
me:bercak-bercak merah. Dokpri

Berjuang melawan Autoimun sejak 2012,tidak menyurutkan niatku untuk terus bangkit dan berusaha keras untuk bisa mencapai titik stabil.

Sempat drop ditahun 2014 membuatku harus menunda sekolah selama 1 tahun karena penyakitku yang cukup parah,ditambah lagi pada waktu itu masih awam sekali terhadap penyakit yang saya alami.

Autoimun jenis Skleroderma tipe Sklerosis Systemic, jenis penyakit langka yang menyerang jaringan kulit dan jenis ini bisa saja menjalar mengenai organ dalam lainnya.

Selama 1 tahun saya hanya mengandalkan pengobatan herbal,dikarenakan belum tahu harus berobat ke dokter dengan tujuan spesialis apa.

Dalam keadaan sakit saya tetap melanjutkan sekolah ke jenjang SMA,saya tidak mau menyerah begitu saja ,saya tidak mau kalah hanya dengan penyakit ini.

Yang ada difikiran saya waktu itu adalah jika saya tidak lanjut ke jenjang tingkat SMA,bagaimana nantinya saya bisa mencari pekerjaan dan lain-lainnya.

Sampai pada tahun 2019,selesai sekolah saya mendaftar asuransi untuk lanjut pengobatan yang seharusnya dilakukan secara berkala.Kemudian saya beranikan diri pergi ke dokter spesialis reumathologi disemarang,namun dengan keadaan riwayat penyakit saya yang sudah cukup memburuk.

Mulai dari perubahan struktur wajah,dan cukup parahnya adalah muncul bercak-bercak merah di sebagian tubuhku.

Hal ini masih tak menyurutkan niat bangkitku untuk berusaha sehat lagi,stabil lagi,dan bisa mencari pekerjaan sesuai skill yang saya miliki.

Mengandalkan ketrampilanku menjahit,saya mendapat  pekerjaan sampingan produksi Wig(rambut palsu),untuk perusahaan ekspor impor dikotaku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun