Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Setetes embun pagi

Bahagia berkarya dan berbagi sebagai wujud rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

"Terima Kasih kepada Semua Pendonor Plasma Konvalesen!"

8 Agustus 2021   20:39 Diperbarui: 12 Agustus 2021   13:30 594 17 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Terima Kasih kepada Semua Pendonor Plasma Konvalesen!"
Ilustrasi pasien Covid-19 yang sembuh dari virus corona SAR-Cov-2 mendonorkan plasma darah untuk terapi plasma konvalesen | Foto via kompas.com

Hari ini, ada saudara saya yang masih dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta karena terinfeksi virus Covid-19. Kondisinya sudah membaik dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Sekarang beliau masih dirawat di ruangan ICU dan masih menggunakan HFNC (High Flow Nasal Cannula)

Melansir fk.ui.ac.id, HFNC adalah alat bantu pernapasan High Flow Nasal Cannula (HFNC) untuk membantu penanganan pasien Covid-19. 

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip high flow oxygen therapy dan ditujukan untuk penanganan pasien positif Covid-19 tahap awal. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif.

Setiap pagi keluarga pasien menerima pesan melalui WA yang berisi laporan kondisi pasien dan terapi yang telah dan akan diberikan kepada pasien yang bersangkutan. 

Saya baca di laporan itu, saudara saya sudah menerima terapi plasma konvalesen sebanyak tiga kantong. 

Saat kami membutuhkan bantuan plasma konvalesen dan share di beberapa group media sosial, syukurlah tak lama kemudian beberapa kerabat dan teman langsung merespon. Setelah melalui serangkaian proses screening, akhirnya kami mendapatkan pendonor yang sesuai. 

Ketika pasien Covid-19 membutuhkan terapi plasma konvalesen

Mungkin kita sering membaca di group WhatApps atau media sosial lainnya tentang kabar dibutuhkannya plasma konvalesen beserta sederet persyaratannya, bagi pasien yang terinfeksi virus Covid-19.

Perjuangan mencari donor plasma darah konvalesen bagi keluarga yang terinfeksi virus Covid-19 tidaklah mudah. Beberapa kerabat pasien berkisah harus menunggu ratusan antrean, menyebarkan permohonan di berbagai media sosial, hingga menggunakan berbagai cara untuk mempercepat prosesnya. 

Mengingat semua ini berpacu dengan waktu, apalagi bila kondisi pasien terus memburuk. Perjuangan itu ada yang berakhir dengan kesembuhan.

Namun banyak juga yang berakhir dengan kedukaan. Meski sudah mendapatkan terapi plasma konvalesen, karena berbagai hal, akhirnya pasien menghembuskan nafas terakhirnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan